Peristiwa

Menteri BUMN Erick Thohir Puji Terobosan PLN Optimalkan Halaman Masjid Jadi Lahan Pertanian


Menteri BUMN Erick Thohir Puji Terobosan PLN Optimalkan Halaman Masjid Jadi Lahan Pertanian

BANDUNG, Pesisirnews.com - Masjid As-Shidiq di Pasir Jati, Ujung Berung, yang berada di bawah jaringan transmisi milik PT PLN (Persero), memiliki pekarangan masjid yang luas, tampak asri dan hijau, serta penuh dengan beragam tanaman pangan.

Penyiraman tanaman di halaman masjid ini menggunakan sistem otomatis atau dengan remote control yang dikendalikan menggunakan ponsel dengan sarana listrik berasal dari PLN.

Hal ini memikat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir berkunjung melihat kreativitas warga di komunitas masjid yang luar biasa ini.

Mereka ini merupakan mitra binaan PLN yang secara inovatif memanfaatkan pekarangan menjadi lebih produktif dengan keragaman tanaman pangan.

Di pekarangan ini, ada tempat pembibitan benih sayur, tanaman cabai, sayur selada, seledri, terong dan sejumlah tanaman lain yang membuat Masjid di Kelurahan Pasirjari ini terlihat unik.

Masjid ini memang termasuk dalam lokasi buruan atau pekarangan Sehat Alami Ekonomis (SAE).

Pekarangan masjid yang luas digunakan untuk bercocok tanam dengan menggulirkan program Masjid Makmur Tur Alus Hejo Pakarangan (Mamatahan), turunan dari program Buruan SAE Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, sehingga dinamakan “Buruan SAE As-Shidiq”.

Ide program dari pemerintah setempat ini sejatinya merupakan pengelolaan lahan kosong untuk ditanami tanaman pangan atau beternak sebagai sumber protein hewani, sehingga lebih produktif.

Berkat peran PLN yang turut mendampingi komunitas warga masjid lewat Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), lahan yang berada di jalur kelistrikan dan merupakan aset PLN tersebut pun diberdayakan sehingga menjadi area hijau urban farming.

Pujian pun datang dari Erick yang melihat keunikan dari konsep TJSL yang disinergikan dengan program pemerintah setempat itu.

"Ini semua tanaman yang bisa dikonsumsi, organik juga. Misalnya di setiap masjid bisa menanam seperti ini luar biasa, saya terinspirasi," puji Erick di sela-sela kunjungannya, Sabtu (9/10).

Tanpa sungkan, Erick pun turut langsung memanen sawi yang ditanam di plastik polybag dan dengan bangga menunjukkannya ke kamera. Sebuah ungkapan kebanggaan terhadap inisiatif dan kreativitas PLN bersama warga komunitas masjid.

Melihat keberhasilan Masjid As-Shidiq dalam memberdayakan pekarangannya menjadi lahan pertanian, memberikan inspirasi bagi Erick.

Menteri BUMN inipun berencana menerapkan program Buruan SAE ini di setiap masjid BUMN yang ada di seluruh Indonesia. Keberhasilan program ini menurutnya menjadi hal yang sangat positif di saat efek dari pandemi mulai berkurang.

Terlebih melalui program ini, peran masjid sebagai penggerak perubahan dapat terlihat.

"Karena itu BUMN, PLN khususnya, masuk dalam ekonomi yang di bawah. Masjid selain rumah ibadah juga bisa menjadi rumah pendidikan, rumah ekonomi. Ini yang saya rasa menjadi terobosan luar biasa yang hari ini bisa saya saksikan," kata Erick.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar