Peristiwa

Miliki Senjata Canggih, KKB Papua Kembali Tantang TNI Berperang

Anjar Anjar
Miliki Senjata Canggih, KKB Papua Kembali Tantang TNI Berperang

Ilustrasi: KKB Papua vs TNI. (Foto via Law-Justice)

Pesisirnews.com - Konflikyang melibatkan kelompok kriminal bersenjata (KKB) dengan TNI/Polri di Papua tampaknya masih terus berkepanjangan. Terbaru kelompok teroris KKB Papua justru semakin berani menantang TNI dan Polri berperang di wilayah yang mereka tentukan.

Mereka seakan tak gentar dengan pasukan TNI maupun Polri yang didatangkan ke Papua untuk memburu kelompok teroris itu. Ya, kepercayaan diri KKB Papua tak datang dengan sendirinya atau tak beralasan.

Belakangan diketahui, mereka berani lantaran memiliki modal persenjataan yang tak bisa diremehkan.

Setidaknya KKB Papua menyiapkan 5 jenis senjata untuk perang dengan TNI/Polri, salah satunya ada senapan Steyr AUG buatan Austria.

Ada jenis 5 senjata api milik KKB Papua yang diduga didapatkan baik dari cara merampas maupun membeli secara ilegal di perdagangan gelap.

Berikut 5 senjata canggih terbaru yang dimiliki KKB Papua:

1. Senapan serbu AK-47 dan AK-74

Selanjutnya ada AK-47, dalam kasus ini sudah dinyatakan pihak kepolisian jika ada seorang anggota KKB yang melarikan diri membawa AK-47. Untuk diketahui, ada berbagai varian seperti AK-74 pernah terlihat digunakan kelompok bersenjata Papua.

Senjata bermagasin melengkung khas rancangan Kalashnikov buatan Uni Soviet itu sepertinya menjadi senapan wajib dalam setiap konflik bersenjata mulai dari Afrika, Eropa, Timur Tengah, hingga Asia Tenggara.

Dalam penggunaannya, AK-47 dikenal bandel dan mudah dirawat, selain tidak masalah jika terendam air atau masuk lumpur. Memiliki Daya serangnya juga besar dengan kaliber 7.62 mm.

Sayangnya, akurasinya masih di bawah senapan M-16, terutama untuk target lebih dari 400 meter.

Dalam sejarahnya, Kedekatan Indonesia dengan Uni Soviet pada era Orde Lama membuat puluhan ribu senapan AK-47 dan AK-74 memasuki Tanah Air.

Meski kini Indonesia memiliki sendiri senjata secara khusus yang produksi Pindad, pasukan elite Indonesia seperti RPKAD, Kopasgat, Marinir, hingga Banteng Raider pernah menggunakan AK-47.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...