Peristiwa

Selama 2021, Dewas KPK Telah Keluarkan 186 Izin Sadap, Geledah dan Sita

Anjar Anjar
Selama 2021, Dewas KPK Telah Keluarkan 186 Izin Sadap, Geledah dan Sita

Anggota Dewas KPK Indriyanto Seno Adji dalam konferensi pers Hasil Kinerja Dewan Pengawas tahun 2021 di gedung Pusat Edukasi AntiKorupsi KPK Jakarta, Selasa (18/1/2022).  (Foto: ANTARA/Humas KPK)

JAKARTA, Pesisirnews.com - Dewan Pengawas (Dewas) KPK menyebut telah mengeluarkan 186 izin upaya paksa yang terdiri dari penyadapan, penggeledahan dan penyitaan sepanjang tahun 2021.

"Dewan Pengawas KPK telah memberikan sebanyak 186 izin penyadapan, penggeledahan dan atau penyitaan sepanjang 2021," kata anggota Dewas KPK Indriyanto Seno Adji di gedung Pusat Edukasi AntiKorupsi KPK Jakarta, yang dikutip dari Antara, Selasa (18/1).

Indriyanto menyampaikan hal tersebut dalam konferensi pers Hasil Kinerja Dewan Pengawas tahun 2021 yang dihadiri oleh lima orang anggota Dewas KPK yaitu Tumpak Hatorangan Panggabean, Harjono, Albertina Ho, Syamsuddin Haris dan Indriyanto Seno Adji.

Sejumlah 186 izin itu terdiri dari izin penyadapan sebanyak 79 izin, penggeledahan sebanyak 42 izin dan penyitaan sebanyak 65 izin.

"Seluruh permohonan dimaksud diberikan izin oleh Dewan Pengawas KPK dalam rentang waktu kurang dari 24 jam. Pada umumnya proses pemberian izin oleh Dewas hanya berlangsung sekitar 4-6 jam," tambah Indriyanto.

Dewas juga melakukan monitoring pelaksanaan izin penyadapan, penggeledahan dan/atau penyitaan.

"Kegiatan monitoring oleh Dewan Pengawas dilakukan dengan cara, pertama, evaluasi laporan pertanggungjawaban penyadapan yang diserahkan oleh penyelidik dan atau penyidik sebanyak 43," ungkap Indriyanto.

Kedua, melakukan verifikasi dokumen administrasi penggeledahan dan penyitaan sebanyak 249 berita acara.

Rinciannya 198 berita acara penyitaan dan 51 berita acara penggeledahan.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar