Peristiwa

Survey LSI: 33,6 Persen Masyarakat Merasa Kecil Kemungkinan Tertular Covid-19


Survey LSI: 33,6 Persen Masyarakat Merasa Kecil Kemungkinan Tertular Covid-19

Ilustrasi: Polisi bubarkan pemuda yang berkerumun di warung lesehan, Sabtu (9/5/2021) malam. (Foto: iNews.id/Sholahudin)

JAKARTA, Pesisirnews.com - Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkap bahwa masih banyak masyarakat yang tidak khawatir akan tertular Covid-19. Temuan tersebut terekam dalam rilis survei nasional yang bertajuk “Sikap Publik Terhadap Vaksin dan Program Vaksin Pemerintah”.

“Secara umum pengetahuan tentang Covid-19 ini mayoritas merasa mengetahui, 66,5 persen, tahu sedikit 33-an persen. Masyarakat merasa pengetahuannya meningkat dari survei Desember 2020 sampai Juni 2021,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam rilis survei secara daring, Minggu (18/7/2021).

Dia mengatakan, hampir semua masyarakat menganggap virus Corona sangat mengancam kehidupan masyarakat, baik dari sudut pandang ekonomi maupun sudut pandang kesehatan.

Namun, bicara kemungkinan tertular Covid, masyarakat Indonesia agak terbelah, masih banyak yang merasa bahwa mereka memiliki peluang yang kecil untuk tertular Covid-19 atau sebesar 33,6 persen, sementara 40,5 persen yang merasa sangat khawatir tertular Covid-19.

“Ini menarik dicermati, karena pandemi sudah 1,5 tahun lebih tapi masih banyak yang merasa kecil kemungkinan tertular Covid. Apakah ini terkait dengan kepatuhan masyarakat atau kemauan masyarakat mematuhi prokes atau kebijakan-kebijakan Covid-19,” ujarnya.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar