Peristiwa

Tahap I Ludes, Hari Ini Kemenhub Kembali Buka Pendaftaran Mudik Gratis Tahap II

Anjar Anjar
Tahap I Ludes, Hari Ini Kemenhub Kembali Buka Pendaftaran Mudik Gratis Tahap II

Ilustrasi: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengadakan program mudik gratis 2022. (Foto: Ist)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka pendaftaran Mudik Gratis 2022 tahap II mulai hari ini, Senin 18 April 2022.

Adapun program mudik gratis di tahap Iyangdimulai 10-24 April 2022 dengan kuota sebanyak 10.500 orang terpantau kuota sudah habis.

Sebelumnya, Kemenhub menyediakan mudik gratis hanya untuk 10.500 orang dengan 350 unit bus dan 35 truk untuk pengangkut sepeda motor.

“Namun karena pak menteri memerintahkan kepada kami terkait potensi survei yang cukup besar, kami menyiapkan lagi untuk yang kedua kalinya menjadi 700 bus,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi saat meninjau Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (17/4/2022).

Penambahan kuota tersebut diharapkan bisa menampung 21 ribu pemudik ke 24 kota tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Selain bus, truk pengangkut juga ditambah menjadi 70 unit yang diperkirakan bisa mengangkut 2.200 unit sepeda motor para pemudik.

Anggaran penyelenggaraan program mudik gratis tahun ini hanya Rp 20 miliar dan lebih kecil daripada tahun 2019. Tetapi jumlah pemudik jalur darat diperkirakan naik 40 persen dari tahun 2019 karena pasca pandemi Covid-19. Meski begitu, Budi berharap, angka tersebut bakal tetap bisa membantu masyarakat yang membutuhkan mudik gratis tersebut.

Bagi para pemudik yang ingin ikut mudik gratsis harus melakukan registrasi melalui situs www.mudikgratishubdat.dephub.go.id.

Saat memasuki beranda situs, peserta akan diberi tiga opsi yaitu “Daftar Mudik”, “Petunjuk Daftar”, “Cek Data Pendaftaran”.

Untuk petunjuk selengkapnya, peserta perlu membaca menu “Petunjuk Daftar”, sedangkan “Cek Data Pendaftaran” untuk melihat kembali apakah data peserta sudah terdaftar atau belum.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar