Peristiwa

Ustaz Abdul Somad Puji Filosofi yang Terdapat pada Objek Wisata Istano Rajo Basa Pagaruyung

Anjar Anjar
Ustaz Abdul Somad Puji Filosofi yang Terdapat pada Objek Wisata Istano Rajo Basa Pagaruyung

Ustaz Abdul Somad (UAS) mengunjungi Istano Rajo Basa Pagaruyung di Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat. (Instagram/@ustadzabdulsomad_official)

TANAH DATAR, Pesisirnews.com - Ustaz Abdul Somad (UAS) mengunjungi Istano Rajo Basa Pagaruyung di Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar). Menurutnya, bangunan bersejarah itu bukan sekadar objek wisata.

"Banyak nilai filosofis yang terkandung di bangunan Istano Basa Pagaruyung, bukan sekedar objek wisata saja," kata UAS, Minggu (25/7/2021).

UAS menambahkan, banyak hal yang tidak dia diketahui terkait filosofi dan makna yang ada di bangunan rumah gadang itu.

"Datang atau berkunjung ke Istano Pagaruyung tidak sekedar melihat tapi banyak pelajaran yang kita petik," kata dia.

UAS mencontohkan, ukuran anak tangga naik ke bangunan itu kecil, ternyata ada nilai filosofi yang luar biasa maknanya, bagimana anak gadis Minang turun dari atas kakinya miring, ada adat sopan santun, tata krama, berbudaya budi pekerti.

"Tangganya kecil supaya lembut melangkah. Kakinya turun miring menjaga marwah. Bicara tak menatap mata tanda beradab," kata UAS.

"Kita bisa membangun jembatan, gedung yang luar biasa, tapi ada yang tidak bisa kita bangun dengan cepat, yaitu etika, moral, dan akhlakul karimah," lanjut dia.

Di luar bangunan Istano Pagaruyung disebelah kanan ada surau, melambangkan jika dulu orang Minangkabau tidak pernah lepas mengabdi kepada Allah.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f
loading...
loading...