Politik

KPU Targetkan Partisipasi Pemilih 70 Persen


KPU Targetkan Partisipasi Pemilih 70 Persen
dika
Ketua KPU Dumai, Darwis
DUMAI, PESISIRNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai menargetkan partisipasi masyarakat pemilih dalam pelaksanaan pemilu kepala daerah 9 Desember 2015 mendatang bisa mencapai 70 persen.

Ketua KPU Dumai Darwis menyebutkan, agar partisipasi pemilih capai target maka pihaknya terus melakukan sosialisasi pelaksanaan Pilkada ditengah masyarakat umum, termasuk di rumah tahanan dan kawasan pinggiran.

Selain itu, diharapkan peran pasangan calon dan tim pemenangan agar lebih giat memperkenalkan diri ke masyarakat supaya bisa meningkatkan hubungan emosional ke pemilih.

"KPU bersama lembaga terkait lain terus sosialisasikan pilkada ke tengah masyarakat supaya partisipasi pemilih bisa mencapai target 70 persen dari total hak suara," katanya kepada wartawan, Jumat (16/10/2015).

Dia menjelaskan, selain berharap dapat meningkatkan partisipasi pemilih, masyarakat diingatkan juga agar tidak golput karena satu suara sangat penting untuk menentukan pemimpin dan arah kebijakan pembangunan daerah.

Dengan peran serta seluruh pihak terkait dia optimis antusias masyarakat dalam menyalurkan hak pilih bisa meningkat dan sukses penyelenggaraan Pilkada." Partisipasi pemilih saat pemilu legislatif lalu hanya 64 persen, dan sisanya masyarakat memilih golput, dan untuk Pilkada ini kita akan berupaya supaya bisa meningkat," ujarnya.

Tahapan Pilkada Kota Dumai kian dimatangkan oleh KPU setempat dengan menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) dari 33 kelurahan yang tersebar di 7 kecamatan sebanyak 168.017 suara.

Seperti diketahui, KPU Dumai menetapkan jumlah daftar pemilih sementara (DPS) dari 33 kelurahan yang tersebar di Tujuh kecamatan sebanyak 168.017 suara, terdiri dari 85.814 laki-laki dan 82.203 wanita. (dcp)


(rio)
Penulis: