Politik

AHY Berharap Anak-anak Muda Bisa Menyudahi Politik Uang, Politik Identitas dan Politik Fitnah


AHY Berharap Anak-anak Muda Bisa Menyudahi Politik Uang, Politik Identitas dan Politik Fitnah

Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. (Foto: Kompas.id)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyoroti permasalahan demokrasi di Indonesia. AHY mengatakan beberapa masyarakat saat ini merasa takut untuk bersuara menyampaikan kritik.

"Bahkan ada survei menyebutkan 62,9 persen masyarakat Indonesia takut untuk menyampaikan pendapat rasanya ini tidak sehat betul," ujar AHY dalam acara Orientasi Pendidikan Mahasiswa Baru Universitas Budi Luhur dikutip dari akun YouTube Kampus Budi Luhur, Senin (26/9/2022).

Putra presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono itu menyebut ada 3 permasalahan utama demokrasi yakni money politic (politik uang), politik identitas dan politik fitnah.

AHY mengatakan, setiap warga Indonesia memiliki hak untuk memilih dan dipilih baik pada pemilihan anggota legislatif maupun pemilihan kepala daerah sampai pemilihan presiden.

"Tapi ketika terjadi transaksi yang di luar batas, jadi untuk membeli suara kita mengeluarkan uang tertentu, itu disebut dengan vote buying, membeli suara di TPS tentu tidak sehat," ucap AHY.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar