Politik

Antisipasi Kelelahan dan Kematian Petugas Pemilu, KPU Siapkan Skema Perbaikan

Anjar Anjar
Antisipasi Kelelahan dan Kematian Petugas Pemilu, KPU Siapkan Skema Perbaikan

Ketua KPU RI, Ilham Saputra. (Foto via KBRN)

JAKARTA, Pesisirnews.com - Berkaca pada kondisi Pemilu 2019 di mana banyak jatuh korban sakit hingga meninggal dunia dari petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) karena mengalami kelelahan, jelang Pemilu Serentak tahun 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengantisipasi kasus kelelahan dan kematian petugas KPPS.

Ketua KPU RI, Ilham Saputra mengatakan, pihaknya akan siapkan skema perbaikan teknis pemilu serentak 2024 nanti.

"Pertama tentu kita ingin orang yang terpilih nanti adalah orang yang sehat. Kita punya PKPU tentang rekrutmen petugas di pemilihan atau Pilkada itu kita batasi umurnya 20 tahun sampai 45 tahun," kata Ilham di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (14/2) malam.

Hal tersebut dilakukannya untuk mencegah kasus kelelahan dan kematian petugas KPPS terjadi di Pemilu 2019 terulang. Dimana di tahun tersebut Ratusan petugas KPPS meninggal dunia.

Ilham menyebut, pihaknya juga berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan terkait pemeriksaan kesehatan petugas KPPS hingga pengadaan ambulans.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Kemenkes agar mereka, pemeriksaan kesehatan secara mendalam dan gratis di Puskesmas atau instansi pemerintah kesehatan lainnya," tegas Ilham.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar