Politik

DPR: Antarpemangku Kepentingan Harus Permudah Sektor Perumahan

Anjar Anjar
DPR: Antarpemangku Kepentingan Harus Permudah Sektor Perumahan

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar. (Foto via KBRN/Ist) 

JAKARTA, Pesisirnews.com - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menginginkan akses kepemilikan rumah bagi rakyat kecil dan kaum milenial di Tanah Air harus dipermudah dengan meningkatkan sinergi antarpemangku kepentingan sektor perumahan.

"Salah satu pekerjaan berat adalah setiap rakyat Indonesia harus memiliki rumah. Anggaran pemerintah harus bisa mensubsidi pembangunan rumah. Kalau itu masih berat karena anggaran terbatas, maka harus ada keringanan pinjaman yang diberikan pemerintah," kata Muhaimin dikutip dari KBRN, Selasa (18/1/2022).

Menurut Cak Imin (panggilan akrabMuhaimin Iskandar), dunia perbankan, BUMN Perumnas, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) harus saling bersinergi membantu pengadaan rumah layak huni bagi rakyat.

Dia mengemukakan bahwa DPR RI pun siap mendukung penganggarannya untuk itu.

"DPR RI siap membantu kebijakan penganggaran untuk pengadaan rumah bagi rakyat. DP 0 persen bisa jadi salah satu solusi untuk mengakses perumahan murah tersebut, selain akses pinjaman perbankan yang mudah untuk perumahan," ungkapnya.

Perbankan dan Kementerian PUPR, masih menurut dia, harus menjalankan seluruh rencana pembangunan rumah yang murah dan terjangkau.

Hal tersebut, lanjutnya, karena saat ini kaum milenial dinilai termasuk kelompok yang terancam tidak punya rumah, karena tanah terbatas dan penghasilannya tidak mencukupi.

"Saya harapkan perbankan, pemerintah, PUPR, bahu membahu memberi kemudahan," ucapnya

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar