Politik

MUI Tanggapi Maklumat Viral yang Diduga Dukung Anies Jadi Capres dan Terlibat Politik Praktis

Anjar Anjar
MUI Tanggapi Maklumat Viral yang Diduga Dukung Anies Jadi Capres dan Terlibat Politik Praktis

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di halaman Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu, 10 November 2021. (Foto: TEMPO/Lani Diana)

JAKARTA, Pesisirnews.com - Viral di media sosial maklumat yang diduga dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia atau MUI DKI Jakarta untuk mendukung Anies Baswedan menjadi calon presiden pada 2024.

Dalam maklumat tersebut tertera instruksi agar melakukan deklarasi mendukung Anies yang disebut dengan kode ARB - RI 1.

Menanggapi sikap MUI DKI Jakarta yang diduga melakukan politik praktis ini, Ketua MUI pusat Sholahuddin Al Aiyub mengatakan pihaknya belum mengambil sikap atas maklumat MUI DKI Jakarta tersebut.

"Kami akan koordinasikan dulu di internal," ujar Aiyub dikutip dari Tempo, Senin (22/11/2021).

Ia menjelaskan, MUI pusat belum mendapatkan informasi menyeluruh soal maklumat tersebut. Pihaknya bahkan tidak mengetahui ada maklumat semacam itu yang dikeluarkan oleh MUI DKI Jakarta.

Mengenai program Cyber Army yang dicanangkan oleh Ketua MUI DKI Jakarta Munahar Muchtar, Aiyub mengatakan tak tahu soal sumber pendanaan program itu.

"Saya enggak tahu aturannya (anggarannya), ya. Apalagi ini di (MUI) DKI," kata Aiyub.

MUI DKI Jakarta kini tengah menjadi sorotan. Setelah DPRD DKI Jakarta menyetujui dana hibah sebesar Rp 10 miliar untuk organisasi tersebut, Ketua MUI DKI Jakarta Munahar Muchtar mengumumkan pihaknya akan membentuk Cyber Army untuk membela Anies Baswedan di media sosial.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar