Politik

Puluhan Nama Capres 2024 Muncul dalam Survei Terbaru SMRC, Simak Hasilnya

Anjar Anjar
Puluhan Nama Capres 2024 Muncul dalam Survei Terbaru SMRC, Simak Hasilnya

Ilustrasi: Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). (Twitter)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru elektabilitas capres 2024.

Melansir detik.com, Senin (4/7), survei ini dilakukan pada 10-17 Mei 2022 dengan melibatkan 1.220 responden yang dipilih secara random (multistage random sampling).

Adapun jumlah response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) yakni sebesar 1.060 atau 87 persen. Margin of error survei sebesar ± 3,07 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

Survei dilakukan dengan simulasi semi terbuka. Dalam survei tersebut, SMRC menanyakan kepada para responden nama-nama 41 orang tokoh publik yang menurut mereka merupakan sosok calon presiden (capres) yang paling pas di Pilpres 2024.

Dari puluhan tokoh yang disurvei SMRC itu, nama-nama seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang memang digadang-gadang untuk maju di Pilpres 2024 masih menempati posisi teratas hasil survei.

Selain kedua nama tokoh tersebut, tokoh lain yang masuk peringkat lima besar survei terbaru SRMC untuk capres 2024 ada nama Anies Baswedan, Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil.

Adapun Pertanyaan yang diajukan adalah: "Bila pemilihan presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai presiden di antara nama-nama berikut?".

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f