Politik

Survei Terbaru LSI: Elektabilitas Ganjar Ungguli Prabowo 2 Persen


Survei Terbaru LSI: Elektabilitas Ganjar Ungguli Prabowo 2 Persen

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Hasil survei terbaru dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) diketahui Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersaing ketat sebagai capres yang paling banyak dipilih masyarakat.

Dalam simulasi semi terbuka yang dipaparkan Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan Jumat kemarin, Ganjar Pranowo dipilih oleh 22,5 persen, selisih sekitar dua persen dari Prabowo Subianto yang memperoleh 20,2 persen.

Bahkan prediksi LSI menunjukkan jika pemilihan presiden diadakan saat survei maka Ganjar meraih kemenangan melawan Prabowo.

Adapun posisi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berada di posisi ketiga (10,6 persen), disusul Tri Rismaharini (7,5 persen), dan Anies Baswedan (5,7 persen). Sementara nama-nama lainnya lebih rendah, kurang dari 4 persen.

“Setidaknya ada tiga alasan utama masyarakat memilih capres yaitu merakyat atau memperhatikan rakyat, tegas dan berwibawa, dan jujur atau bersih dari KKN. Prabowo dipilih terutama karena alasan tegas dan berwibawa,” kata Djayadi.

Sedangkan Ganjar Pranowo dipilih karena alasan merakyat atau memperhatikan rakyat.

Sementara terkait elektabilitas calon wakil presiden, Gubernur Jawa Timur Khofifah menjadi pilihan utama masyarakat di Jatim.

Dalam simulasi tersebut, dari sebelas nama calon wakil presiden, Khofifah berada diurutan pertama sebagai calon yang paling pantas menjadi wakil presiden.

Adapun Khofifah dipilih dengan angka 21,8 persen pemilih, lalu Ganjar Pranowo 14,5 persen, Ridwan Kamil 13,4 persen dan Sandiaga Uno 13,2 persen.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar