Politik

Terbaru dari Survei IPS: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Dibawahnya Ada Ganjar dan Anies


Terbaru dari Survei IPS: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Dibawahnya Ada Ganjar dan Anies

Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. (detikcom)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Lembaga survei Indonesia Polling Station (IPS) merilis hasil survei elektabilitas calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi dengan 30,7 persen.

Survei digelar pada tanggal 7 sampai 17 Oktober di 34 Provinsi di Indonesia dengan melibatkan 1.200 responden. Kriteria responden yakni seluruh warga Indonesia yang telah memiliki KTP atau berusia 17 tahun.

Pemilihan responden dilakukan secara acak atau multistage random sampling dengan metode penelitian dilakukan dengan wawancara secara tatap muka. Margin of error survei +/- 2,83 perseen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Para responden IPS ditanyakan, 'Jika saat ini dilaksanakan pemilihan presiden dan diikuti oleh 11 tokoh nasional berikut ini, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih?'.

Hasilnya menunjukkan Prabowo Subianto yang paling banyak dipilih (30,7 persen), lalu diikuti oleh Ganjar Pranowo (20,5 persen) dan Anies Baswedan (17,6 persen).

"Hasil survei IPS kali ini menunjukkan bahwa jika saat ini dilaksanakan pilpres, 30,7 persen responden mengaku memilih pasangan Prabowo Subianto. Kemudian 20,5 persen memilih Ganjar Pranowo, dan 17,6 persen memilih Anies Baswedan," kata Peneliti Senior IPS Alfin Sugianto saat memaparkan survei, Rabu (19/10/2022).

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar