Politik

Wapres Ma'ruf Amin Sebut Partai Tak Lolos Peserta Pemilu 2024 Sudah Takdir


Wapres Ma'ruf Amin Sebut Partai Tak Lolos Peserta Pemilu 2024 Sudah Takdir

Ilustrasi: Daftar nomor urut 17 partai politik yang lolos jadi peserta Pemilu 2024. (KPU)

BALI (Pesisirnews.com) - KPU pada 14 Desember 2022 telah menetapkan 17 partai politik (parpol) memenuhi syarat untuk lolos tahapan verifikasi faktual sehingga berhak menjadi peserta Pemilu 2024. Sedangkan sejumlah parpol lainnya gagal lolos sebagai peserta Pemilu 2024.

Terkait partai politik yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut tidak perlu menuduh atau menyalahkan siapa pun atas kegagalannya.

Menurut Ma'ruf Amin, partai yang tidak lolos menjadi peserta pemilu sudah memiliki takdir atau "garis tangan" karena tidak melengkapi persyaratan verifikasi dengan baik.

"Kalau tidak lolos berarti memang tidak didukung oleh cukup (persyaratan). Jadi, tidak perlu menyalahkan siapa-siapa, karena sudah garis tangannya begitu, garis tangan namanya itu," kata Ma'ruf Amin dikutipaAntaradi Nusa Dua, Bali, Jumat.

Ma'ruf Amin mengatakan hal itu guna menanggapi adanya pihak yang kerap menuding Istana mengintervensi proses pemilu di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Presiden Joko Widodo juga menyinggung hal serupa saat menghadiri HUT Partai Hanura di Jakarta, Rabu (21/12).

Ma'ruf Amin mengatakan seluruh partai politik seharusnya dapat berjalan di atas aturan yang ada dan melengkapi persyaratan sesuai aturan agar bisa lolos menjadi peserta pemilu.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar