Seleb

Ini Daftar Lengkap Pemenang Piala Citra FFI 2022, Mana yang Jadi Film Favorit Kamu?


Ini Daftar Lengkap Pemenang Piala Citra FFI 2022, Mana yang Jadi Film Favorit Kamu?

Before Now and Then jadi Film Terbaik FFI 2022. (Foto: Dok. Fourcolours Films via YouTube)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Malam Penganugerahan Piala Citra di ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2022 yang digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Center telah mengumumkan daftar pemenang dari setiap kategori penghargaan, Selasa (22/11/2022) malam.

Acara ini dihadiri oleh sederet sineas, aktor dan aktris kenamaan tanah air. Tidak ketinggalan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani turut menghadiri acara tersebut.

FFI 2022 sukses dilaksanakan dengan mengangkat tema "Perempuan: Citra, Karya dan Karsa".

Kata citra melambangkan keindahan perempuan yang abadi, kata karya melambangkan ciptaan yang lahir dan kata karsa melambangkan sumber kekuatan karya yang lahir dari perempuan.

Perempuan sebagai insan adalah sebuah kelahiran sedangkan perempuan dalam industri film tanah air merupakan sumber kelahiran karya.

Secara garis besar tema ini diambil sebagai penghargaan kepada para kaum hawa yang berperan besar di dalam penguatan ekosistem perfilman Indonesia.

Ajang ini bukan sekadar sebagai kompetisi namun menjadi penguat dinamika perfilman Indonesia pascapandemi Covid-19.

Adapun film "Before, Now & Then (Nana)" dan "Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas" masing-masing mendapat lima Piala Citra di Festival Film Indonesia (FFI).

"Before, Now & Then (Nana)" karya sutradara Kamila Andini meraih Penyunting Gambar Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Pengarah Musik Terbaik dan Film Cerita Panjang Terbaik.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar