Tekno

3 Astronot China Kembali ke Bumi dengan Selamat Setelah Enam Bulan di Luar Angkasa


3 Astronot China Kembali ke Bumi dengan Selamat Setelah Enam Bulan di Luar Angkasa

Layar besar menampilkan berita yang menunjukkan astronot Tiongkok sukses untuk misi Shenzhou-13 - Zhai Zhigang (tengah), Wang Yaping (kanan) dan Ye Guangfu. (Gambar EPA, 16 April 2022)

BEIJING (Pesisirnws.com) - Tiga astronot China mendarat di China utara pada Sabtu setelah 183 hari berada di luar angkasa, mengakhiri misi luar angkasa berawak terpanjang di negara itu hingga saat ini.

Pesawat ruang angkasa Shenzhou-13 adalah misi terbaru dalam upaya Beijing untuk menjadi kekuatan luar angkasa utama yang menyaingi AS, setelah mendaratkan penjelajah di Mars dan mengirim wahana ke Bulan.

Dua pria dan satu wanita - Zhai Zhigang, Ye Guangfu dan Wang Yaping - mendarat di sebuah kapsul kecil sesaat sebelum pukul 10 pagi waktu Beijing, setelah enam bulan menaiki modul inti Tianhe dari stasiun ruang angkasa Tiangong China.

"Kapsul re-entry Shenzhou 13 berhasil mendarat," lapor saluran televisi China CCTV, Sabtu.

Ketiga astronot ini awalnya diluncurkan di Shenzhou-13 dari Gurun Gobi di barat laut Cina Oktober lalu, sebagai misi kedua dari empat awak selama 2021-2022.

Tiga astonot China kembali ke Bumi setelah enam bulan berada di luar angkasa. Dari kiri astronot Ye Guangfu, Wang Yaping dan Zhai Zhigang sebelum keberangkatan. (Foto: AFP)

Mereka dikirim untuk merakit stasiun ruang angkasa permanen pertama negara itu - Tiangong, yang berarti "istana surgawi."

Wang menjadi wanita China pertama yang melakukan spacewalk November lalu, saat dia dan rekannya Zhai memasang peralatan stasiun luar angkasa selama enam jam.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar