• Home
  • Tekno
  • Apa Hebatnya Sedan Jerman Ini Hingga Disodorkan Jadi Mobil RI 1?

Apa Hebatnya Sedan Jerman Ini Hingga Disodorkan Jadi Mobil RI 1?

admin Minggu, 30 Juni 2019 10:19 WIB

BMW seri 7BMW seri 7 Foto: BMW Group

Pesisirnews.com - Produsen mobil asal Jerman BMW mengaku telah menyodorkan salah satu sedan tercanggih dan teramannya untuk ikut lelang kendaraan dinas presiden Indonesia.

Dilansir dari detikcom, BMW menyebut sedan seri 7 Security Vehicle F02 telah ditawarkan agar bisa terpilih menjadi tunggangan RI 1 karena diklaim menjadi yang teraman. Tak sembarangan orang bisa memiliki mobil ini. Mobil dibuat dengan spesifikasi khusus yang bisa menjamin keamanan orang penting di dalamnya.

Lantas apa kehebatannya? Mengutip situs resminya mobil yang masuk dalam BMW Security Vehicle didesain untuk tahan terhadap tiga risiko besar seperti tindak kriminal di jalan misalnya mampu menahan peluru sekaliber 0,44 Magnum, kejahatan terorganisir seperti mampu menangkis peluru sekelas AK-47, sampai serangan ledakan sekalipun.

Sedangkan untuk BMW seri 7 High Security merupakan sedan pertama di dunia yang bisa menahan peluru VR7. Sementara di area transparannya, bisa resisten terhadap peluru kelas VR9.

Tak cuma itu, ledakan dari granat pun mampu ditangkisnya. Jendelanya memiliki lapisan khusus yang mencegah tembakan masuk.

BMW melapisi kaca dan jendelanya dengan kaca komposit khusus berukuran 6 cm. Bagian dalamnya juga dilapisi polikarbonat untuk mencegah serpihan-serpihan dari material tembakan ke bagian penumpang.

Bagian tangki bensin pun tak lupa diproteksi. Tangki bensin dilindungi dengan material anti-ledakan. Ban juga telha mengusung run flat tyre yang memungkinkan mobil masih terus melaju 50 km pada kecepatan 80 km/jam meski kondisinya sangat kempes.

Sampai saat ini, presiden Joko Widodo masih betah menggunakan Mercedes-Benz S600. Mobil tersebut masih belum berganti sejak zaman Susilo Bambang Yudhoyono.

Mercedes-Benz S600 sendiri memang telah digunakan oleh berbagai kepala negara di dunia karena keamanannya. Bahkan mobil ini juga identik kendaraan presiden.

Seperti halnya BMW, Mercedes-Benz pun tak mau ketinggalan dalam kesempatan menawarkan mobilnya sebagai tunggangan presiden.

"Dari kami ada banyak pilihan, ada S600, ada Maybach, paling mewah ada Pullman tapi semua tentu disesuaikan request-nya seperti apa. Tapi kami tentu kalau ditanya harapan pengin-lah Presiden naik Mercy," ungkap Deputy Director Sales Operations & Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto beberapa waktu lalu.(dan)
loading...
Tags Life StyleLife-StyleSportTeknologiTeknologinasional
Loading...

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments