Tekno

Menakutkan, Mahasiswa Buat Sepeda Hantu yang Bisa Berjalan Sendiri


Menakutkan, Mahasiswa Buat Sepeda Hantu yang Bisa Berjalan Sendiri
Liputan6.com

Jakarta, Pesisirnews.com - Sepeda menjadi salah satu alat transportasi yang digemari oleh penduduk di Tiongkok. Sejumlah mahasiswa di Universitas Tsinghua, Tiongkok, baru saja membuat sebuah proyek sepeda otonom atau yang sering disebut self-riding bicycle.

Sepeda tersebut akan berjalan dengan sendirinya seperti dalam film Ghostbusters. Menggunakan metode pengendalian stang, sepeda ini akan tetap berjalan seimbang layaknya dikendarai oleh seseorang. Tak hanya itu, kecepatan sepeda ini juga bisa diatur. 

Dalam percobaan pertamanya, sepeda self-riding ini dioperasikan secara semi manual oleh orang yang mengontrolnya dari kejauhan dengan remote control.

Sepeda yang dirancang agar bisa menemui pemiliknya secara otomatis ini telah diujicobakan di kawasan Universitas Tsinghua sendiri. Tujuan dari dibuatnya proyek ini ialah untuk membantu mencegah pencurian yang kini telah merajalela di Tiongkok.

Akan dilengkapi GPS

sepeda hantu (foto: universitas Tsinghua)

sepeda hantu (foto: universitas Tsinghua)

"Proyek ini tentang bagaimana sepeda tersebut bisa tetap seimbang layaknya ketika dikendarai oleh seseorang. Oleh karena itu, kami memilih metode yang sangat mendekati dengan gowesan seseorang. Kami memanfaatkan gaya sentrifugal yang dihasilkan dengan mengendalikan stang untuk menjaga keseimbangan,'' jelas Profesor Mingguo Zhao yang memimpin pengerjaan proyek tersebut.

Sementara untuk rencana selanjutnya, sepeda ini akan dilengkapi dengan fitur GPS.  "Ke depannya, kami akan menambahkan fitur GPS agar sepeda tersebut bisa menemukan posisi pemiliknya sendiri, tanpa kendali lagi," kata Lee Boon Shen, salah satu mahasiswa yang turut serta dalam proyek ini.

Sumber Liputan6.com 

Penulis: