Tekno

AL India Sukses Uji Tembak Rudal Jelajah Supersonik BrahMos yang Tercepat di Dunia

Anjar Anjar
AL India Sukses Uji Tembak Rudal Jelajah Supersonik BrahMos yang Tercepat di Dunia

Uji coba rudal BrahMos dari dari Kapal Destroyer INS Ranvijay. (militaryleak.com)

Pesisirnews.com - Angkatan Laut (AL) India baru-baru ini sukses menguji coba rudal jelajah supersonik anti-kapal versi rudal jelajah BrahMos dari kapal perusak INS Ranvijay yang dibangun di dalam negeri di Teluk Benggala.

Rudal tersebut berhasil mencapai sasaran dengan akurasi tepat setelah melakukan manuver tingkat tinggi dan sangat kompleks, mengenai sasaran di Laut Arab.

Melansir militaryleak.com, Sabtu (5/12/2020), ini adalah uji coba rudal supersonik keempat oleh Angkatan Darat India dalam delapan hari terakhir dan uji coba rudal ketujuh oleh India dalam 70 hari terakhir.

BRAHMOS sebagai 'senjata serangan utama' akan memastikan tak terkalahkannya kapal perang dengan menyerang target permukaan angkatan laut pada jarak jauh, sehingga menjadikan kapal perusak itu platform mematikan Angkatan Laut India lainnya.

Tes pertama dilakukan pada tanggal 30 September. Peluncuran kedua, yang dilakukan oleh Angkatan Laut India dari INS Chennai, berlangsung pada 18 Oktober. Pada 30 Oktober, rudal itu diuji coba dari Su-30MKI Angkatan Udara India. Tes keempat dan kelima dari rudal BrahMos masing-masing berlangsung di Kepulauan Andaman dan Nicobar pada tanggal 24 dan 25 November.

Uji coba rudal keenam dilakukan oleh Angkatan Udara India. Tes ini dilakukan pada saat DRDO telah bekerja tidak hanya untuk memperluas jangkauan rudal tetapi juga untuk meningkatkan konten aslinya. Rudal tersebut saat ini menggunakan teknologi pencari asal Rusia untuk panduan selama penerbangan.

BrahMos (disebut PJ-10) adalah rudal jelajah supersonik ramjet jarak menengah yang dapat diluncurkan dari kapal selam, kapal, pesawat, atau darat. Ini adalah rudal jelajah supersonik tercepat di dunia.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...