Tekno

Belajar dari Internet, 3 Remaja Ini Berhasil Membuat Robot yang Bisa Membantu Pasien Covid-19

Anjar Anjar
Belajar dari Internet, 3 Remaja Ini Berhasil Membuat Robot yang Bisa Membantu Pasien Covid-19

Tiga remaja Bangladesh berhasil membuat robot yang bisa membantu pasien Covid-19. (The Daily Star)

BARISAL, Pesisirnews.com -Tiga remaja dari Barisal, Bangladesh yang tidak memiliki keahlian khusus di bidang robotika berhasil membuat robot yang bisa berbicara bahasa Bengali, Inggris, Hindi serta mampu menjawab pertanyaan menggunakan bahasa daerah yang berbeda.

Selain itu, robot buatan mereka juga memiliki kemampuan untuk memberi sinyal jika terjadi kebakaran atau kebocoran gas, bahkan dapat memberikan obat-obatan darurat atau jalur ke pasien yang terinfeksi Covid-19.

Menariknya, ketiga remaja ini mampu menguasai teknologi robotika meski mereka tidak memiliki ilmu khusus di bidang robotik. Mereka belajar cara membuat robot dari internet melalui smartphone.

Orang-orang di sekitarnya kini berbondong-bondong ke rumah para remaja ini hampir setiap hari untuk melihat aktivitas robotik tersebut.

Di antara mereka, Shubh Karmakar dari desa Sihipasha Utara menunjukkan cara pertama membuat robot.Dia sekarang duduk di kelas sebelas.Saat belajar di kelas 10 tahun 2019, Shuvo membuat robot bernama 'Robin' dan mengejutkan semua orang.

Robot Shubhar 'Robin' dapat menjawab berbagai pertanyaan dalam bahasa Bengali dan Inggris.Dapat memberi sinyal jika ada kebakaran atau kebocoran gas.Shubhar mengklaim bahwa robot buatannya ini juga memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan sendiri.

Shubh mengatakan bahwa manusia robot 'Sophia' menjadi inspirasi dibalik pembuatan robotnya.

Sophia yang dibuat oleh Hanson Robotics di Hong Kong dikenal sebagai robot humanoid pertama di dunia.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f
loading...
loading...