Tekno

Di Indonesia WA Begitu Populer, di Negara Asalnya, WA Justru Kurang Digemari

Anjar Anjar
Di Indonesia WA Begitu Populer, di Negara Asalnya, WA Justru Kurang Digemari

Ilustrasi: WhatsApp. (The Verge)

Pesisirnews.com - Sejak WhatsApp (WA) diakuisisi Facebook pada 2014 lalu, kepopulerannya sebagai sebuah aplikasi perpesanan terus meroket. Bahkan WA mampu menyalip kepopuleran Blackberry Messenger yang sudah mendunia.

Di Indonesia sendiri, WA terbilang cukup populer dan banyak digunakan sebagai platform perpesanan selain Facebook Messenger. Namun, di negara asalnya Amerika Serikat (AS), WA jutru tidak begitu populer.

Menurut laporan dari We Are Social dan Hootsuite pada 2020, WA hanya digunakan 19 persen pengguna internet di AS. Persentase tersebut terpaut jauh jika dibandingkan dengan Indonesia, di mana dari laporan yang sama, WA digunakan oleh 84 persen pengguna internet Tanah Air.

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa pengguna WA di AS lebih sedikit, dibanding aplikasi perpesanan berbasis internet lain, atau bahkan SMS.

Berdasarkan survei Science & Engineering Indicators 2018, orang Amerika sangat mementingkan privasi. WA yang memiliki fitur bagi lokasi (share location) membuat beberapa orang AS tidak nyaman.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...