Tekno

Fantastis! Harga Toilet ini Lebih dari 342 Miliar Rupiah

Anjar Anjar
Fantastis! Harga Toilet ini Lebih dari 342 Miliar Rupiah

Toilet luar angkasa terbaru. (Tangkapan layar YouTube WION) 

Pesisirnews.com - Toilet menjadi salah satu sarana yang sangat dibutuhkan di stasiun luar angkasa karena fungsi toilet terkait dengan sanitasi dan sebagai tempat pembuangan kotoran dari tubuh manusia.

Setelah beberapa dekade menunggu upgrade toilet, kru Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS akan mendapatkan upgrade toilet luar angkasa senilai $ 23 juta (lebih dari 342 miliar).

Toilet baru ini akan dipasang terpisah di dekat toilet lama di sisi pos terdepan Amerika Serikat.

Toilet luar angkasa yang bernilai jutaan dolar ini akan dikirim ke luar angkasa di dalam kapal kargo yang akan diluncurkan dari Pulau Wallop di Virginia.

Toilet ini memiliki berat sekitar 45 kilogram dan tingginya sekitar 28 inci, menjadikannya hanya setengah dari ukuran toilet buatan Rusia yang sudah terpasang di stasiun luar angkasa.

Menurut space.com, Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional, toilet itu dibuat 'berukuran kapsul' sehingga muat dengan kapsul Orion NASA yang dalam beberapa tahun akan membawa astronot ke bulan.

Sebelum menuju bulan, warga ISS akan menjajal toilet luar angkasa selama beberapa bulan. Jika uji coba berhasil, toilet akan dibuka secara teratur.

Karena toilet tua yang dipasang di stasiun lebih cocok untuk pria, NASA merancang toilet terbaru untuk menampung wanita. Kursi di toilet yang telah di-upgrade dimiringkan dan dibuat lebih tinggi.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...