Tekno

Ilmuwan Mengamati Sebuah Planet Raksasa yang Masih dalam Proses Pembentukan

Anjar Anjar
Ilmuwan Mengamati Sebuah Planet Raksasa yang Masih dalam Proses Pembentukan

Ilustrasi: Sebuah planet ekstrasurya besar yang baru terbentuk yang disebut AB Aurigae b. (Gambar: NASA, ESA, Joseph Olmsted (STScI)/Handout via REUTER)

WASHINGTON (Pesisirnews.com) - Para ilmuwan kini tengah mengamati sebuah planet besar yang massanya sekitar sembilan kali massa Jupiter yang masih dalam tahap pembentukan yang sangat awal.

Ilmuwan menggambarkannya sebagai planet ‘masih dalam kandungan’ - dalam sebuah penemuan yang menantang pemahaman saat ini tentang pembentukan planet.

Para peneliti menggunakan Teleskop Subaru yang terletak di dekat puncak gunung berapi Hawaii yang tidak aktif dan Teleskop Luar Angkasa Hubble yang mengorbit untuk mendeteksi dan mempelajari planet ini.

Planet raksasa gas yang mengorbit sangat jauh dari bintang induk mudanya ini seperti planet terbesar di tata surya kita Jupiter dan Saturnus, sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium, dengan gas berputar mengelilingi inti padat yang lebih kecil.

"Kami pikir ini masih sangat awal dalam proses 'melahirkan'," kata astrofisikawan Thayne Currie dari Subaru Telescope dan NASA-Ames Research Center, penulis utama studi yang diterbitkan di jurnal Nature Astronomy pada Senin yang dikutip dari Reuters.

"Bukti menunjukkan bahwa ini adalah tahap paling awal pembentukan yang pernah diamati untuk raksasa gas."

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f