Tekno

Pesawat Pembom Siluman Supersonik China Generasi Terbaru Siap Tandingi Kekuatan Barat

Anjar Anjar
Pesawat Pembom Siluman Supersonik China Generasi Terbaru Siap Tandingi Kekuatan Barat

Ilustrasi: Pesawat pembom siluman supersonik China generasi terbaru. (Int. China)

“Jika pesawat siluman generasi terbaru ini benar-benar dalam pengembangan aktif, maka pesawat ini dapat menjadi ancaman serius bagi lawan-lawan China dalam pertempuran yang sesungguhnya.”

Pesisirnews.com - Dalam beberapa tahun terakhir, China mengalami perkembangan kemampuan membangun pesawat pembom strategis jarak jauh subsonik yang disebut H-20, terutama pada tahun 2018, ketika pemerintah China mulai membuka informasi ke publik.

Pembom Taktis generasi berikutnya yang dikabarkan tengah disiapkan China dilengkapi dengan radar Active Electronically Scanned Array resolusi tinggi, bom berpemandu presisi, dan rudal udara-ke-udara jarak jauh.

Pesawat pembom yang tampaknya menyerupai B-2 Spirit AS dalam bentuk dan fungsi, akan diproduksi oleh Xi'an Aircraft Corporation, yang telah memproduksi pembom strategis H-6 yang lebih tua dan pesawat angkut Y-20 yang gemuk.

Pembom siluman "taktis" diyakini merujuk pada JH-XX, konsep pembom siluman saingan yang diusulkan oleh Shenyang Aircraft Corporation untuk meninggalkan H-20 jarak jauh.

Shenyang dikenal dalam memproduksi pesawat tempur J-31 siluman yang dapat diekspor atau melayani di kapal induk Cina.

Gambar konsep JH-XX ini bocor di konvensi pada tahun 2013. Kemudian pada bulan Mei 2018, majalah China Aviation memuat di sampulnya dari jet siluman futuristik berukuran kira-kira tiga puluh meter, dengan dua mesin turbofan besar di atas badan pesawat belakang.

Selanjutnya tampak penstabil ekor miring hampir identik dengan prototipe siluman YF-23 Black Widow Northrop, sebuah teluk bom besar di perut dan ruang senjata samping untuk membawa rudal udara-ke-udara jarak jauh.

Gambar ini dianggap menyerupai model kit pesawat tempur siluman F-19 pada 1980-an yang akhirnya memiliki sedikit kemiripan dengan jet siluman F-117 yang sebenarnya.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar