Tekno

Sejumlah Negara Dilaporkan Tertarik Membeli Pesawat Tempur Tejas Buatan India


Sejumlah Negara Dilaporkan Tertarik Membeli Pesawat Tempur Tejas Buatan India

Ilustrasi: Pesawat tempur Tejas buatan India. (Kredit gambar: Wikipedia)

(Pesisirnews.com) - Angkatan Udara India berkomitmen untuk mengembangkan LCA Tejas, sebuah pesawat tempur asli dalam negeri, dan telah secara aktif meningkatkan kemampuan pesawat tersebut.

Pesawat militer buatan India itu telah menarik perhatian berbagai negara berkat kinerja, kelincahan, dan kemampuan pengendaliannya yang mengesankan.

Melansir laman defenceaviationpost.com Senin, India mengkonfirmasi pada hari Jumat bahwa Argentina secara serius mempertimbangkan untuk membeli jet tempur Tejas buatan India untuk angkatan udaranya.

Dalam kunjungan resmi dua hari ke Argentina, Menteri Luar Negeri (Menlu) S Jaishankar berdiskusi tentang Tejas.

Menlu Jaishankar bertemu dengan Menlu Argentina, Santiago Cafiero, dan membahas kerja sama berkelanjutan kedua negara di bidang vital pertahanan, energi nuklir, dan ruang angkasa.

Pertemuan dengan Presiden Argentina Dr. Alberto Fernandez juga merupakan bagian dari perjalanan Jaishankar ke sana.

“India dan Argentina membahas kolaborasi berkelanjutan mereka di sektor strategis Pertahanan, Energi Nuklir, dan Antariksa dan menegaskan kembali tekad mereka untuk bekerja sama demi keuntungan bersama,” bunyi pernyataan bersama tersebut.

Sebelumnya, pada 2019, kedua negara menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan. Para pihak berdiskusi untuk membawa kerja sama mereka ke tingkat yang baru dengan menandatangani lebih banyak nota kesepahaman dan kesepakatan.

Pernyataan itu selanjutnya mengatakan bahwa “Kementerian Luar Negeri mencatat minat Argentina pada pesawat tempur Tejas buatan India untuk Angkatan Udara Argentina dan menekankan pentingnya proposal dalam meningkatkan komponen strategis hubungan bilateral.”

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar