Tekno

Studi: Tanda-tanda Anak Anda Kecanduan Ponsel dan Bahayanya

Anjar Anjar
Studi: Tanda-tanda Anak Anda Kecanduan Ponsel dan Bahayanya

Ilustrasi: Anak-anak kecanduan ponsel. (Int)

(Pesisirnews.com) - Telepon seluler (ponsel) adalah bagian penting dari lanskap sosial manusia masa kini.

Ponsel sekarang tidak hanya menjadi sarana komunikasi bagi orang dewasa, di era serba digital ini kita mungkin telah biasa melihat anak-anak kecil menggunakan ponsel pintar mereka sebagai sarana bermain.

Bahkan mereka bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam dan larut dengan dunia digital mereka.

Terhadap kebiasaan itu, seberapa banyak orangtua yang khawatir melihat anaknya menghabiskan banyak waktu dengan perangkat pintar tersebut?

Sebuah studi yang dilakukan Sarah Domoff, dari Pusat Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia di Universitas Michigan menemukan anak-anak lebih cenderung menunjukkan tanda-tanda depresi jika mereka telah kecanduan ponsel mereka.

Temuan juga menunjukkan bukan berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk itu, tetapi bagaimana anak-anak menggunakan ponselnya dengan baik. Prediktor terkuat muncul dari masalah emosional atau sosial yang berhubungan dengan kecanduan mereka terhadap ponsel atau perangkat elektronik lainnya.

"Biasanya, peneliti dan dokter menghitung atau mempertimbangkan jumlah waktu layar sebagai hal yang sangat penting dalam menentukan apa yang normal atau tidak normal atau sehat atau tidak sehat,” katanya dikutip dari naturalsolutionsmag.com, Minggu (24/4).

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar