Wisata

Bukti Keberadaan Kerajaan Sriwijaya.

pesisirnews.com pesisirnews.com
Bukti Keberadaan Kerajaan Sriwijaya.

Candi Muara Takus,Peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Riau(Foto : GNFI).

PESISIRNEWS.COM- Pada tahun 1896,sarjana Jepang Takakusu menerjemahkan karya I-Tsing,Nan-Hai-Chi-Kuei-Nai Fa-Chan ke dalam bahasa inggris dengan judul ARecord Of The Budhist Religion As Practised In India And The Malay Archipelago.

Dalam buku tersebut tidak terdapat nama kerajaan Sriwijaya,yang ada Shih-Li-Fo-Shih.

Sementara itu,George Coedes menulis mengenai kerajaan Sriwijaya berjudul Le Royaume De Crivijaya pada tahun 1918 M,Lima tahun sebelum tahun 1913.

Dari terjemahan prasasti kota Kapur yang memuat nama kerajaan Sriwijaya dan karya I-Tsing yang memuat nama Shih-Li-Fo-Shih,Coedes kemudian menetapkan bahwa,kerajaan Sriwijaya adalah nama sebuah kerajaan di Sumatera Selatan.

oedes juga menetapkanbahwa letak ibukota kerajaan Sriwijaya adalah Palembang,Dengan bersandar pada anggapan Groeneveldt dalam karangannya,Notes On The Malay Archipelago And Malacca,Compilex From Chinese Source,yang menyatakan bahwa,San-Fo-Tsi adalah Palembang.

Sedang Prof.Kern menerbitkan tulisan tentang prasasti kota Kapur,sebuah prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya yang ditemukan di pulau Bangka.
Halaman :
Penulis: pesisirnews.com

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f
loading...
loading...