Artikel

Sekolah Buka Bulan Juli? ,Ini Kata Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

pesisirnews.com pesisirnews.com
Sekolah Buka Bulan Juli? ,Ini Kata Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Photo :
  • Pixabay/Public domain pictures

Ilustrasi anak sekolah.

PESISIRNEWS.COM - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana membuka sekolah pada Juli 2020.


Rencana itu, kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen), Hamid Muhammad, sudah dibahas sejak awal Mei 2020.


BACA JUGA :Ketua-MPR-Bambang-Soesatyo---Pak-Jokowi-Tidak-Tahu-Apa-Apa


“Sudah dibahas minggu lalu. Tinggal tunggu keputusan pemerintah kalau sudah final,” kata Hamid.


Saat ini pihaknya sedang mempersiapkan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kemendikbud juga masih terus mengkoordinasikannya dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan.


BACA JUGA :Polsek-Rupat-utara--Pantau-Penyaluran-BLT-Dana-Desa-Kepada--265-KPM-Di-Desa-Titiakar


“Tunggu pengumuman resmi saja, masih dikoordinasikan ke BNPB dan Kemenkes,” jelas Hamid.


Namun begitu, perkembangan agenda tersebut hingga kini belum juga terdengar gaungnya. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud, Evy Mulyani mengungkapkan, hal itu masih belum menjadi kepastian.


BACA JUGA :Sosok-Udin-Balok-dan-Kedekatan-Dengan-Habib-Bahar-Bin-Smith


“Mengingat saat ini belum dapat ditentukan kapan pandemi akan berakhir, serta sesuai dengan pernyataan Kepala BNPB selaku Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 Doni Monardo pada 12 Mei, maka prediksi-prediksi berdasarkan hasil kajian yang telah dibuat pemerintah masih berpotensi berubah,” kata dia.



Kemendikbud, kata Evy, masih terus berkoordinasi dengan pihak terkait. Kajian tentang berbagai kemungkinan pun dilakukan demi keselamatan anak didik dari bahaya Covid-19 ini.


BACA JUGA :Napi-Narkoba-Tewas-Ternyata-Mantan-Perwira-Pertama-Polisi


“Kemendikbud secara aktif melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengkaji berbagai kemungkinan atau skenario. Keamanan, keselamatan, dan kesehatan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan menjadi pertimbangan utama,” ujar dia.



Nantinya, jika rencana masuk kembali sekolah pada Juli 2020 itu sudah final, pada saatnya akan diumumkan secara resmi. Keputusan ini bakal diambil setelah rapat kabinet digelar.


“Pada prinsipnya keputusan pembukaan sekolah akan diputuskan oleh pemerintah melalui rapat kabinet yang dipimpin Bapak Presiden RI. Hal tersebut telah ditegaskan Kantor Staf Kepresidenan,” ucap dia.


Kemendikbud sebelumnya sudah memiliki tiga skenario tentang pembukaan kembali proses bejalar mengajar di sekolah. Ketiga skenario tersebut dipilih dan dipertimbangkan dengan baik dan penuh hati-hati.


Ketiga skenario tersebut pertama, jika Covid-19 berakhir pada akhir Juni 2020, siswa masuk sekolah tahun pelajaran di minggu ketiga Juli 2020.


Kedua, jika Covid-19 berlangsung sampai September 2020, siswa belajar di rumah dilaksanakan sampai September. Dan terakhir, semua siswa belajar di rumah selama satu semester penuh jika Covid-19 sampai akhir tahun 2020. (fajar)


Penulis: pesisirnews.com

loading...