Daerah

Apel Gelar Pasukan Operasi Brata Muara Takus di Rohil, Ormas PP Bacakan Deklarasi Pemilu Damai


Apel Gelar Pasukan Operasi Brata Muara Takus di Rohil, Ormas PP Bacakan Deklarasi Pemilu Damai

Ujung Tanjung, Pesisirnews.com - Dalam rangka persiapan pengamanan menjelang Pemilu serentak tahun 2019, Polres Rokan Hilir Apel gelar pasukan Operasi Brata Muara Takus 2019, Jumat (22/3) pagi di halaman upacara Polres Rokan Hilir.

Baca Juga :Waduh!! FIFA Larang Ezra Walian jadi Pemain Timnas Indonesia

Apel gelar pasukan itu yang bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH dan Dandim 0321/Rohil Letkol Inf Didik Efendi SIP.

Sementara para peserta terdiri dari personil gabungan TNI-Polri, Brimob, Satpol PP, Satpam, Ormas Pemuda Pancasila, FKPPI. Turut hadir juga Bupati Rohil H Suyatno Amp, ketua PN Ujung Tanjung Faisal SH MH, ketua KPUD Rohil, Bawaslu Rohil, ketua Ormas Pemuda Pancasila Rohil Taem Pratama, serta stekholder lainnya.

Pada kesempatan itu, Ormas PP yang diwakili ketua OKK Leonard Situmorang SH membacakan deklarasi Pemilu Damai yang diikuti para peserta Apel.

"Kami seluruh komponen masyarakat kabupaten Rokan Hilir menyatakan sikap, Menjaga Pelaksanaan Pemilu tahun 2019, aman dan damai dengan menjunjung tinggi Pancasila, UUD 1945, Bhineka tunggal ika dan menjaga keutuhan NKRI demi terwujudnya Kamtibmas yang kondusif. Siapa saya, Indonesia.. Pemilu damai, yes.. yes.. yes.. Pemilu aman, yes.. yes.. yes..," kata Leonard Situmorang.

Dandim 0321/Rohil Letkol Inf Didik Efendi yang juga bertindak selaku Inspektur upacara membacakan amanat Menko Polhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto. Dimana, dalam sambutannya tersebut, Apel gelar pasukan ini digelar serentak di seluruh Indonesia dalam rangka menjelang Pemilu hingga pada hari pemungutan suara pada 17 April 2019 mendatang.

DImana pada pemilihan umum kali ini merupakan sejarah baru di Indonesia yang melaksanakan pemilihan serentak 5 sekaligus, yakni Pilcaleg tingkat Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi, tingkat pusat, DPD dan Presiden.

Baca Juga :Jelang Pileg dan Pilpres 2019, Polres Rokan Hilir Apel Gelar PasukanOps Mantap Brata Muara Takus

Sebelum mengakhiri amanat tersebut, Dandim menyampaikan beberapa penekanan untuk pedoman bersama dalam melaksanakan tugas pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2019 sebagai berikut :

1. Pahami bahwa tugas pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2019 ini adalah kehormatan dan kebanggaan yang tidak dapat dinilai dengan apapun sekaligus menjadi amal ibadah yang akan mendapatkan balasan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa bila dilaksanakan dengan tulus ikhlas;

2. Jalin sinergitas antara unsur Pemerintah, TNI-Polri, dan seluruh komponen masyarakat guna mewujudkan keamanan dan kelancaran pelaksanaan tugas;

3. Segera kenali, cari, temukan dan atasi serta netralisir potensi kerawanan agar tidak berkembang dan menggangu penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019;

4. Tindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku tehadap pihak-pihak yang mencoba mengganggu kelancaran Pemilu Serentak Tahun 2019;

5. Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus mampu ikut serta menenangkan masyarakat agar tidak resah dengan menyebarnya berita-berita hoax serta menguatnya politik identitas yang dapat menggerus disintegrasi bangsa;

6. lnventarisir dan berkoordinasi dengan tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta tokoh masyarakat untuk memberikan rasa tenang kepada masyarakat sehingga dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman.

Baca Juga :Program 100 Hari Kerja, Bupati Inhil Hadiri Pembukaan Operasi Katarak Gratis Di RSUD Puri Husada

Usai apel, kemudian Kapolres melepas tim Patroli Gabungan yang terdiri dari TNI-Polri. Sebelum melepas, Kapolres kembali mengimbau menegaskan agar masyarakat Kabupaten Rokan Hilir untuk tidak takut dan merasa nyaman pada saat datang ke TPS nantinya. (Budiman)

Penulis: admin

loading...