Bupati HM Wardan Menerima SAKIP Dari Kemenpan RB RI, Kab Inhil Tahun 2019 Memperoleh Nilai CC

Haikal Senin, 10 Februari 2020 15:25 WIB
Batam - Bupati Inhil HM.Wardan menerima raport Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB) RI diserahkan lansung Menpan-RB Tjahjo Kumolo di Radisson Golf & Convention Center, Batam, Senin (10/2/2020).


Sebagaimana diketahui, Rapor SAKIP Tahun 2019 diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan ReformasI Birokrasi kepada 174 Pemerintah Kabupaten / Kota dan Provinsi se-Indonesia, termasuk Pemerintah Kabupaten Inhil.
Penilaian SAKIP Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir pada tahun 2019 memperoleh nilai CC tetapi disatu sisi terdapat peningkatan dari tahun 2018 yang lalu dengan disertai rekomendasi dan beberapa catatan yaitu; dengan sasaran strategis jelas dan berorientasi hasil, ukuran keberhasilan jelas dan terstruktur, Program dan kegiatan berdampak lansung bagi pencapaian sasaran Pembangunan dan rincian kegiatan sesuai dengan maksud kegiatan.
Perlu diketahui bahwa Yang menjadi objek Penilaian SAKIP ada RPJMD 2013-2018.


Rapor SAKIP, dijelaskan Bupati, bukan hanya menekankan pada nilai yang diperoleh. Namun, lebih difokuskan pada langkah -langkah yang diambil kedepan sebagai wujud upaya perbaikan kinerja.

Bupati HM.Wardan yang dimintai keterangan usai menerima SAKIP mengungkapkan, melalui Rapor SAKIP Tahun 2019, dirinya selaku Kepala Pemerintahan akan melakukan evaluasi internal atas implementasi manajemen kinerja perangkat Daerah serta meningkatkan kualitas evaluasi dengan memberikan rekomendasi-rekomendasi yang spesifik dan signifikan untuk mendorong perbaikan SAKIP yang berkelanjutan terhadap masing-masing Perangkat Daerah.

"Semoga kedepan, kita mampu memberikan kinerja yang lebih baik dalam pengelolaan, pengunaan dan pelaporan keuangan agar akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Inhil dapat dinilai tepat dan bagus," tutup Bupati.
loading...
Penyerahan SAKIP tabun 2019 Bupati HM.Wardan didampingi Wakil Bupati H.Syamsuddin Uti, Plh.Sekda Drs.Fauzar, Kepala Inspektorat, Kepala Bappeda, Kabag Umum, Kabag Ortal serta beberapa Pejabat Eselon dilingkungan Pemkab Inhil.
Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Inhil masuk ke dalam wilayah I (Satu) evaluasi SAKIP Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, yang mana wilayah I (Satu) meliputi Pemerintah Provinsi / Kabupaten / Kota di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, dan Banten. (Rls/humas)
Tags RiauTimnas Indonesia

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments