Bupati Inhil HM Wardan Pimpin Upacara Hari Bakti Keimigrasian Ke-70 Tahun 2020

Haikal Senin, 27 Januari 2020 13:34 WIB
Tembilahan,PESISIRNEWS.COM -Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Bakti Keimigrasian Ke-70 tahun 2020 di halaman Kantor Imigrasi Tembilahan, Senin (27/1/2020).


Dalam kegiatan ini Bupati Inhil, HM Wardan bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sementara, Kepala Imigrasi Kelas II TPI Tembilahan, Najarudin Safaat bertindak sebagai Komandan Upacara.


Hari Bakti Keimigrasian Ke-70 Tahun 2020 ini mengusung tema "SDM Unggul Imigrasi Pasti Maju". Bupati yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam upacara tersebut membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM.


Bupati mengatakan, dalam fungsi pelayanan Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi berhasil membangun kerjasama yang baik untuk membuka titik-titik baru pelayanan Keimigrasian seperti unit kerja kantor imigrasi unit layanan paspor dan mal.


Pelayanan publik sampai dengan tahun 2019, diungkapkan Bupati, telah terdapat 11 unit kerja kantor imigrasi, unit layanan paspor lima mal pelayanan publik, dan 13 layanan terpadu satu pintu.

"Hal ini merupakan wujud nyata keberhasilan kerjasama antara Direktorat Jenderal Imigrasi dengan Pemerintah Daerah dan Kementerian atau Lembaga lainnya," ungkap Bupati dihadapan para peserta upacara, diantaranya unsur Forkopimda Kabupaten Inhil.

Selain itu, menurut Bupati, di tahun 2019 paspor elektronik Republik Indonesia mendapatkan sertifikat direktori atau PKG dari International Civil Aviation Organization dan memperoleh pengakuan dari 68 negara anggota CAO tentang keamanan data warga negara Indonesia yang tersimpan baik.

"Disisi lain juga dengan telah diterimanya Sertifikat PKD, warga negara Indonesia pemegang paspor elektronik Indonesia akan dengan mudah dan nyaman melintas ke negara-negara anggota CAO di bidang pelaksanaan reformasi birokrasi tahun 2019," kata Bupati.

Di samping itu, Bupati menuturkan, Direktorat Jenderal Imigrasi telah berhasil meraih predikat wilayah birokrasi bersih melayani dari 21 wilayah bebas dari korupsi hal yang sangat membanggakan dan merupakan sebuah hadiah yang besar bagi seluruh insan imigrasi.

"Momentum ini harus juga sejalan dengan perubahan positif terhadap pola pelayanan dan etos kerja yang mengarah kepada perubahan yang lebih baik," tukas Bupati.

Dalam kesempatan ini, Bupati juga menjabarkan tentang fungsi penegakan hukum keimigrasian.

Fungsi penegakan hukum Keimigrasian melaksanakan penegakan hukum di bidang migrasi pada tahun 2019 ialah sebagai berikut:

1. Migrasi telah melaksanakan 7155 tindakan administratif keimigrasian Asian dan 155 penyidikan pelaksanaan koordinasi yang baik dan berkesinambungan antara yang mana negara direktorat jenderal imigrasi terus-menerus melaksanakan tugas dalam hal pengawasan terhadap lalu lintas orang keluar dan masuk serta kegiatan mereka selama berada di wilayah Indonesia hal ini ditandai dengan pembentukan tim pengawasan orang asing yang dilaksanakan secara bertahap sampai ke level kecamatan pada masing-masing wilayah kerja selain pengawasan terkait keberadaan orang asing.

2. Melaksanakan filterisasi terhadap orang-orang yang melintas pada tempat pemeriksaan imigrasi pada tahun 2019 tercatat 1867 perlintasan warga negara Indonesia dan 2283 perlintasan warga negara asing.

3. Dalam hal ini sejalan dengan pelaksanaan seleksi polisi yang hanya memberikan ruang bagi orang-orang yang bermanfaat untuk negara kesatuan republik Indonesia pembaharuan sistem utama sistem informasi manajemen yang menjadi pelaksanaan tugas dan fungsi kementerian pada tahun 2019 telah diluncurkan versi 2.0 yang menjadi momentum keberlanjutan ekonomi yaitu permen dan digital permen di lingkungan direktorat jenderal imigrasi ke dalam fungsi fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat dengan baik menjalankan peran peran strategis seperti pelayanan pada kawasan ekonomi khusus yang menjadi salah satu fasilitas investasi yang dimiliki Indonesia telah menghadirkan yang memberikan kemudahan layanan dan regulasi dengan baik efisien hal ini akan memberikan dampak positif dalam pertumbuhan perekonomian dan investasi.
loading...
Sementara itu, Kepala kantor Imigrasi Kelas II TPI Tembilahan, Najarudin Safaat juga menyampaikan rasa terimakasih kepada jajaran forkopimda Kabupaten Inhil yang turut serta dalam kegiatan ini.(***).
Loading...
Tags Pemkab Inhilpolitik

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments