Bupati Inhil HM Wardan Resmikan Puskesmas Lebih Mega Dari Kantor Kecamatan

Haikal Rabu, 15 Januari 2020 19:55 WIB
PESISIRNEWS.COM - Cita-cita dalam memberi pelayanan yang lebih baik di bidang kesehatan kepada masyarakat bukan sekedar omong kosong belaka bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil).

Hal ini dibuktikan dengan peresmian dua puskesmas di Kecamatan Keritang dan Kecamatan Reteh yang dilakukan oleh Bupati Inhil, Drs HM Wardan MP, Selasa (14/1/2020).

Pembangunan puskesmas ini dapat terlaksana berkat usaha jemput bola Bupati dan Wakil Bupati dalam mendapatkan kucuran dana dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

Dengan jumlah dana yang cukup besar, Bupati berharap arsitektur bangunan puskesmas dipastikan berkualitas dan memiliki nilai estetis sehingga dapat dibanggakan. Bupati memiliki komitmen yang kuat dalam melayani masyarakat terutama pada bidang kesehatan dan pendidikan.


Dapat dilihat pada pembangunan puskesmas yang telah ada, dimana bangunan puskesmas lebih megah daripada kantor kecamatan. Namun hal ini bukan karena menyederhanakan kantor kecamatan, tapi sebagai wujud komitmen yang kuat dari Bupati dan Wakil Bupati atas pelayan dasar kepada masyarakat itu sendiri.


Atas petunjuk Bupati, gedung puskesmas diharapkan dibangun dua lantai, dengan tidak merehab bangunan lama, tetapi melakukan pembangunan gedung baru.

Puskesmas Kotabaru Kecamatan Keritang, telah memperoleh status akreditasi madya tahun ini, sedangkan pembangunan ruang rawat inap puskesmas direncanakan dimulai pada tahun ini dengan menyertakan motif melayu pada bangunan gedung sebagai ciri khas daerah.

"Tolong layani masyarakat dengan hati. Nanti apabila sudah bagus, petugas medis harus memelihara dan memanfaatkan fasilitas secara maksimal, untuk kebutuhan masyarakat secara umum," tegas Bupati.

Tidak hanya gedung yang menjadi fokus puskesmas ini, tetapi juga sarana dan prasarana akan diperhatikan dan dilengkapi. 25 Puskesmas yang ada di kecamatan se-Kabupaten Inhil telah memiliki alat USG dan IKG.

Selain itu, puskesmas juga telah memiliki koneksi internet dan CCTV yang tersambung langsung ke Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, sehingga Bupati dapat memantau aktivitas seluruh puskesmas di Kabupaten Inhil.

Adapun rencana pembangunan pada tahun 2020 untuk Puskesmas Kotabaru Kecamatan Keritang sebagai berikut:
- 1 puskesmas
- 1 bangunan rawat inap
- 1 rehab puskesmas pembantu (pustu)
- 3 unit ambulan

Untuk anggaran kesehatan di Puskesmas Kotabaru tersebut diperkirakan menelan dana sebesar
28,9 miliar Tahun Anggaran 2020.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan tentang penambahan pembangunan di RS Puri Husada Tembilahan.

"Pembangunan RS Puri Husada mendapat tambahan anggaran pada tahun 2020 sebesar 47 miliar. Anggaran tersebut diperuntukan bagi pembangunan 145 ruang rawat inap, dan 20 klinik," ujarnya.

Kotabaru masuk dalam lima besar permasalahan stunting se-Kabupaten Inhil, oleh sebab itu penanggulangan dan pencegahan stunting menjadi program yang harus digalakkan dan disosialisasikan secara luas, menyeluruh, dan merata se-Kabupaten Inhil.

"Peringkat pertama masalah stunting itu ada di Kempas Jaya. Lakukan penimbangan anak secara serentak di seluruh Kabupaten Indragiri Hilir di minggu kedua bulan depan, ini supaya kita mendapatkan data yang pasti dan akurat tentang stunting ini," instruksinya.
loading...
Usai meresmikan Puskesmas di Kotabaru, Bupati melanjutkan peresmian Puskesmas Pulau Kijang Kecamatan Reteh. Pada kunjungan kerja itu, Bupati didampingi sang istri Hj Zulaikhah Wardan SSos ME, Wakil Bupati H Syamsuddin Uti beserta istri, Kepala Bappeda, Inspektur Inspektorat, Kepala BKPSDM, dan Kepala Disdukcapil.(rls)
Loading...
Tags politik

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments