Daerah

Gubernur Riau Resmikan 7 Desa Balistrik Melalui Vidcon,5 Desa Ada Di Kabupaten Inhil

pesisirnews.com pesisirnews.com
Gubernur Riau Resmikan 7 Desa Balistrik Melalui Vidcon,5 Desa Ada Di Kabupaten Inhil

Bupati HM Wardan Saat Vidcon Dengan Gubernur Riau Saat Resmikan  7 Desa Balistrik 5 Desa Ada Di Kab Inhil

Tembilahan,PESISIRNEWS.COM - Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi melakukan Peresmian 7 Desa Belistrik melalui Video Conference (Vidcon) bersama Pemerintah Kabupaten/ Kota di Provinsi Riau, Sabtu (23/5/2020).


.BACA JUGA :Anggota-TNI-AD-Tewas-Dibacok-Oleh-Suami-Keponakannya


Dari 7 Desa tersebut, 5 di antaranya adalah Desa yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Bupati Inhil, Drs HM Wardan MP mengucapkan syukur atas peresmian ini.

.

Dirinya mengakui, berdasarkan perkembangan listrik di Provinsi Riau, Kabupaten Inhil berada di posisi bawah dalam hal kelistrikan di Provinsi Riau ini.


.BACA JUGA :Kapolres-Serdang-Bedagai-Bagikan-280-Kg-Daging-Sapi-Kepada-Personel


"Rata-rata listrik di Provinsi Riau mencapai 98 persen, tapi dii Kabupaten Indragiri Hilir baru 92 persen untuk rasio desa belistrik," kata Bupati.

.

Disebutkannya dari 1.853 desa yang ada di Provinsi Riau, sebanyak 1.833 sudah teraliri listrik. Menyisakan 20 desa yang belum dialiri listrik, di mana untuk Kabupaten Inhil ada 14 desa.

.

BACA JUGA :Bupati-Inhil-Harapkan-Program-Listrik-Desa-Berkesinambungan


"Kita berharap target untuk menyelesaikan kelistrikan di tahun 2020 ini mudah-mudahan dapat terwujud. Khusus spesifikasi wilayah di Kabupaten Indragiri Hilir ini memang agak berbeda dengan Kabupaten/ Kota lain yang ada di Provinsi Riau, di mana Indragiri Hilir terdiri dari daerah aliran sungai, kemudian pulau-pulau," terangnya.


.BACA JUGA :Jelang-Lebaran--Wakil-Bupati-Sergai-Bagikan-12-Ton-Daging-Lembu-Subsidi-Kepada-Masyarakat


Saat ini, imbuhnya, Peka Inhil memfokuskan pembangunan di tingkat desa. Namun dalam satu desa pula terbagi atas beberapa dusun yang kondisinya terpencar-pencar, sehingga hal ini menjadi kendala dalam pemerataan listrik.

.

"Kami berharap setelah selesainya program listrik masuk desa di Provinsi Riau akan berlanjut kepada dusun, kalau di Indragiri Hilir istilahnya parit-parit. Kadang-kadang dari 1 dusun ke dusun lain bisa 5 sampai 6 kilo jaraknya, malah ada yang sampai puluhan kilo. Tapi kami percaya dengan kebersamaan, kita dapat mewujudkan apa yang dicintai-citakan di mana suasana kota ada di pedesaan, yaitu desa yang terang benderang dan masyarakat bisa menikmati," urai Bupati.

.

Pada Vidcon tersebut, Bupati didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Inhil, Kepala Bappeda Inhil, Kabag Ekonomi dan SDM Setda Kabupaten Inhil, Pimpinan PLN Cabang Rengat, serta pihak-pihak terkait lainnya. (***).

Penulis: pesisirnews.com

loading...