Daerah

Kunjungi Petani Kencur di Sinaboi, Bupati Apresiasi Kreatifitas Petani Kencur

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Kunjungi Petani Kencur di Sinaboi, Bupati Apresiasi Kreatifitas Petani Kencur

SINABOI - Bupati Rohil H Suyatno beserta rombongan menempatkan diri mengunjungi kebun kencur milik warga di Desa Sungai Nyamuk Kecamatan Sinaboi, tepatnya di jalan Poniman ujung, Rabu (24/4/2019).

Kedatangan Bupati Suyatno didampingi Camat Sinaboi Hasyim, Datuk Penghulu Raja Bejamu dan Sungai nyamuk, serta petani kencur.


BACA JUGA : Perihal-Surat-Pengunduran-Diri-Bupati-Madina--Ini-Respon-Mendagri----


Sebelumnya tanaman kencur yang di tanami petani milik warga Sinaboi ini menarik perhatian orang nomor satu di Rohil sebagai komoditi di bidang pertanian yang sangat menjanjikan selain padi dan sawit juga tanaman keladi.

Bupati terlihat sangat antusias menyaksikan tanaman kencur ini yang di nilainya dapat menambah dan meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Sinaboi ini dan berjanji akan menindak lanjuti usaha petani kencur ini sebagai komoditi andalan Rohil selain sawit dan padi yang mempunyai nilai jual.


BACA JUGA Dengar-Lucinta-Luna-Nyanyi-Lagu-Terbaru--Anji-Ketawa-Ngakak--ini-Katanya----


"Kita sangat bangga memiliki petani yang kreatif dalam memamfaatkan lahannya menjadi komoditi yang menjanjikan dan menambah pendapatan petani selain tanaman sawit dan padi, bayangkan saja, jika di Rohil petani kreatif seperti ini, Insya Allah jika seperti ini masyarakat Rohil akan bertambah makmur dan sejahtera dan akan kita tindak lanjuti tanaman kencur ini." ucapnya disela kunjungan.

Sementara Camat Sinaboi Hasyim menyambut baik atas kunjungi Bupati Suyatno ke wilayah kerjanya dalam rangka melihat langsung tanaman kencur milik warga di Desa Sungai Nyamuk Kecamatan Sinaboi.

"Kami atas nama masyarakat Sinaboi mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati yang melihat langsung tanaman kencur milik warga ini," ucapnya ketika di hubungi.

Menurut Hasyim tanaman kencur ini sangat menjanjikan dan mempunyai nilai jual yang sangat tinggi dan kedepannya perlu di budidayakan karena tidak sulit untuk menanamnya, karena mempunyai harga jual yang lumayan tinggi di pasaran dan tidak memerlukan lahan yang luas untuk menanamnya.

"Bayangkan saja dengan luas tanah cukup ukuran 30 x 30 M persegi,dengan masa waktu tanam selama 9 bulan sudah bisa di panen dan jika menanamnya maksimal akan menghasilkan 1 ton tanaman kencur siap jual. Bisa di bayangkan, dengan harga jual 1 kg Kencur saat ini sebesar Rp. 29.000,-, jika dikalikan 1 ton/1.000 Kg x Rp. 29.000 ribu sama dengan Rp. 29.000.000.- sekali panen," terangnya.

Sementara untuk bibit awal tanaman kencur ini,sambung Hasyim lagi,dapat dibeli di toko pertanian, namun setelah ditanam bibit kencur ini bisa di budi dayakan,sebab tanaman ini sebelum panen sudah ada tunas untuk ditanam pasca panen.

Untuk itu Hasyim mengajak masyarakat untuk mengambil peluang ini dengan menanam kencur ini. "Ayo kita menanam kencur,untuk menambah pendapatan keluarga," pungkasnya. (Budiman)

Penulis: Zanoer

loading...