Daerah

Usai Dilantik Bupati Bengkalis, Kades Bukit Batu Janji Bangun Desa

pesisirnews.com pesisirnews.com
Usai Dilantik Bupati Bengkalis, Kades Bukit Batu   Janji Bangun Desa

Mahendra, S. I.Kom, bersama istri  Kepala Desa Bukit batu , Kecamatan Bukit batu, Kabupaten  Bengkalis usai pelantikan, Rabu (18/12

Bandar laksmana– Usai dilantik oleh Bupati .Bengkalis , Amril Mukminin MM bersama 3 Desa yang lain, Kecamatan Bukit batu dan Bandar laksamana Rabu 18 /12/2019 dilapangan Bola kaki desa api api kecamatan Bandar laksamana Kepala Desa Bukit Batu ,Mahendra, S. I.Kom, MMmemantapkan diri untuk membangun desanya.


BACA JUGA :Calon-Wali-Kota-Solo-Gibran-Rakabuming-Raka-quot-Hasil-Survey-Masih-Sangat-Dini-Untuk-Mengetahui-Hasil-Pilkada-Mendatang-quot-


Saat di temui wartawan Media Pesisir com Rabu (18/12) usai pelantikan Menurutnya, pembangunan desa sedang digencarkan oleh pemerintah melalui kucuran dana melimpah ke setiap desa. Bantuan pemerintah berupa Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) harus dimanfaatkan dengan baik.


BACA JUGA :Rayakan-Natal-Di-Negara-Ini-Secara-Ilegal-Bisa-Dihukum-5-Tahun-Denda-Ratusan-Juta


"Sebelum melakukan pembangunan secara fisik, saya lebih dahulu perlu membangun kesadaran masyarakat agar merasa memiliki dan ikut berperan dalam pembangunan desa. Karena tidak mungkin memajukan desa seorang diri," ujarnya


Bagi Mahendra, peran masyarakat sangat penting. Perlu ada sinergi dan rasa memiliki. Bukan semata-mata sekadar memiliki, melainkan ikut serta membangun dan menjaga desa. "Ini amanah yang harus saya junjung tinggi, untuk bangun desa," sambungnya.


Kades muda yang juga wirausaha ini bercita-cita membangun pola fikir masyarakat kearah yang lebih positif. Tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, melainkan juga untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kapasitas perangkat desa.


"Kucuran dana pemerintah itu sangat besar, sehingga selain untuk memperbaiki infrastruktur, dana itu akan disisihkan untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi kerakyatan," paparnya panjang lebar.


Mahendra meyakini, kedepan Desa bukit batu jadi Desa percontohan untuk Desa lain. "Kami siap membangun desa, agar nantinya bisa menjadi desa percontohan di kabupaten Bengkalis," sambungnya


Dalam pidatonya kepada kades yang baru dilantik, sebagai pelayan publik, Bupati Bengkalis Amril Mukminin MM berpesan agar mengedepankan profesionalisme dalam bekerja.


Kades juga harus mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks, serta mampu menempatkan diri di atas semua kepentingan masyarakat desa, demi membangun serta memajukan desa dan warganya.

[ADSENSE]

Guna menunjang kelancaran roda pemerintahan desa, Bupati Amril juga menginstruksikan, agar setelah pelantikan, kades harus bergerak cepat, bekerja sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.


"Mengingat tuntutan serta harapan masyarakat i, sejak hari ini hingga enam tahun kedepan, diamanatkan sekaligus tergantung pada kinerja saudara," ujar orang nomor satu di wilayah berjuluk Negeri Junjungan itu.

[MGID]

Pantauan dalam acara tersebut turut hadir dari Pemkab Bengkalis, kegiatan ini dihadiri Ketua TP PKK Bengkalis Kasmarni, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis, H Heri Indra Putra, Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Bengkalis Hj Umi Kalsum serta sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama lainnya (Budi)


Penulis: Haikal