Kesehatan

5 Sumber Bau Mulut ,Walau Rajin Gosok Gigi

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
5 Sumber Bau Mulut ,Walau Rajin Gosok Gigi
PESISIRNEWS.COM-Kebanyakan bau mulut bersumber dari makanan sehari hari,bila anda baru saja makan jengkol dan petai atau durian,maka tak heran aroma aroma napas tak sedap.


LIHAT JUGA : Curi-Rantai-Besi-Escapator--2-Bersaudara-Warga-Desa-Baru-Siak-Hulu-ini-Ditangkap-Polisi-


Ketika mengalami bau mulut tak sedap atau halitosis, kebanyakan orang akan jadi lebih rajin menyikat gigi supaya mulut tetap wangi sepanjang hari. Menyikat gigi saja kadang tidak cukup, sehingga Anda juga menggunakan obat kumur untuk membantu menghilangkan bau mulut tak sedap. Meski sudah rajin sikat gigi, tapi, kok, bau mulut masih saja mengganggu, ya? Kira-kira, apa penyebab bau mulut tak kunjung hilang?,dilansir dari hellosehat.


LIHAT JUGA : Wakil-Bupati-Inhil-Hadiri-Pekan-Panutan-Penyampaian-SPT-Tahunan-PPh-Pribadi-Melalui-E-Filling


Jika memang disebabkan oleh makanan, menyikat gigi mungkin bisa menjadi cara yang tepat untuk menghilangkan bau mulut tak sedap. Namun, kalau bau mulut tak kunjung hilang, maka bisa jadi ada hal lain yang jadi penyebabnya.


LIHAT JUGA : Saat-Bertransaksi-Narkoba--Warga-Desa-Sendayan-ini-Diciduk-Anggota-Polsek-Kampar-


Berikut ini sejumlah penyebab bau mulut yang seringnya tidak Anda sadari.


1. Mulut kering


Jika bau mulut tak kunjung hilang meski sudah rajin sikat gigi, maka bisa jadi Anda mengalami mulut kering. Tanpa disadari, jumlah air liur yang sedikit bisa memicu bau mulut tak sedap.


LIHAT JUGA : Hotman-Paris-Ngebet-Ingin-Bertemu-Ustadz-Abdul-Somad--ini-Alasannya---


Air liur atau saliva berperan penting untuk menjaga kesehatan gigi, mulut, dan napas Anda. Selain membantu melumatkan makanan, cairan bening ini juga bertugas untuk membantu membilas sisa-sisa makanan dan bakteri dari mulut.


LIHAT JUGA : Capres-Nomor-Urut-02-Prabowo-Subianto-dari-Riau-Kepri-hari-Ini-di-propinsi-Jambi-Prabowo-Sambutan-Luar-Biasa


Ketika mulut tidak menghasilkan air liur yang cukup, maka bakteri dan kuman akan bersarang dengan nyaman dalam mulut Anda. Nah, bakteri-bakteri inilah yang jadi penyebab bau mulut.


2. Infeksi mulut, hidung, atau tenggorokan


Melansir dari Mayo Clinic, bau mulut yang tak kunjung hilang juga bisa disebabkan oleh infeksi yang berasal dari mulut, hidung, atau tenggorokan. Orang yang mengalami sinusitis, post-nasal drip, atau sakit tenggorokan akibat infeksi bakteri (strep throat) cenderung mengalami masalah bau mulut tak sedap.


LIHAT JUGA : Nikita-Mirzani-Tak-Kenakan-Bra-saat-Jalani-Sidang-Isbat-Cerai


Infeksi tersebut kebanyakan disebabkan oleh bakteri. Bakteri tersebut kemudian memakan lendir yang diproduksi oleh tubuh, padahal lendir ini semestinya digunakan untuk melawan infeksi. Akibatnya, timbullah bau busuk dan memunculkan aroma tak sedap dari mulut.


3. Asam lambung naik


Penyebab bau mulut ternyata tidak hanya berasal dari gigi dan mulut saja, lho. Akan tetapi, aroma tak sedap pada mulut juga bisa berasal dari sistem pencernaan.


Bau mulut ternyata juga bisa dipicu oleh gangguan pencernaan, salah satunya refluks asam lambung (GERD). GERD merupakan kondisi saat asam lambung kembali naik ke kerongkongan dan mengiritasi lapisan tenggorokan.


Ketika ini terjadi, Anda biasanya akan mengalami perut mulas dan rasa pahit atau asam di mulut. Efek lainnya juga menyebabkan bau mulut tak sedap.


4. Obat-obatan tertentu


Apakah Anda sedang dianjurkan untuk minum obat tertentu oleh dokter? Jika ya, maka bisa jadi inilah penyebab bau mulut Anda.


Ya, ada beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan bau mulut, di antaranya antihistamin, antipsikotik, dan obat diuretik. Menurut Hadie Rifai, seorang dokter gigi dari Cleveland Clinic, obat-obatan tersebut memiliki efek samping berupa mulut kering yang dapat memicu bau mulut.


Meskipun Anda sudah rajin menyikat gigi, risiko bau mulut akan tetap ada selama Anda masih mengonsumsi obat-obatan tersebut. Namun, ini bukan berarti Anda lantas jadi malas sikat gigi, ya.


Selain menyikat gigi, cobalah rutin membersihkan lidah dengan alat pembersih lidah. Atau bisa juga dengan bagian belakang sikat gigi yang bergelombang atau bergerigi yang terbuat dari karet. Hal ini dapat membantu mengurangi bau mulut, setidaknya untuk sementara waktu.


5. Kebiasaan merokok



Percuma saja kalau Anda sudah rajin menyikat gigi atau berkumur-kumur dengan obat kumur, tapi masih saja merokok. Sebab, kebiasaan merokok inilah yang akan selalu menyebabkan aroma napas Anda jadi tak sedap.


Menurut sebuah studi yang dimuat dalam Hong Kong Medical Journal tahun 2004, merokok adalah penyebab bau mulut yang paling umum. Merokok dapat menurunkan produksi air liur dalam mulut sehingga mulut jadi terasa kering. Ketika mulut semakin kering, maka akan semakin banyak bakteri yang tumbuh subur di dalam mulut.


Terlebih lagi, tembakau dari rokok juga dapat meningkatkan risiko penyakit gusi. Nah, kombinasi mulut kering dan penyakit gusi inilah yang jadi penyebab kenapa Anda mengalami bau mulut tak sedap, walaupun sudah rajin menyikat gigi setiap hari.(Z68).

Penulis: Zanoer