Kesehatan

Ini Mamfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Ini Mamfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

foto daun kemangi

PESISIRNEWS.COM-Daun kemangi adalah tanaman rempah penyegar (tonikum) yang banyak kita jumpai di pasar tradisional harga nya murah,tapi banyak mamfaatnya untuk kesehatan.


BACA JUGA : Viral-Vedeo-Mesra-Oknum-Pejabat-Pemerintah-Kabupaten-Pringsewu-Lampung


Berikut beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan di lansir dari hallo sehat.


1. Meredakan stres


Dari berbagai macam herbal yang digunakan dalam pengobatan tradisional, kemangi adalah salah satu yang paling banyak diakui khasiatnya. Banyak penelitian menemukan bahwa daun ini dapat membantu mengatasi stres fisik, metabolisme, hingga psikologis dengan kombinasi pengobatan yang diresepkan dokter.


Daun ini diketahui dapat membantu melindung organ dan jaringan terhadap stres kimia dari paparan polutan industri, logam berat, aktivitas fisik yang terlalu berat, hingga tekanan psikologis.


Daun ini juga diketahui dapat membantu melawan stres metabolik dengan cara mengendalikan gula darah, tekanan darah dan kadar lipid karena memiliki sifat antianxiety (anticemas) dan antidepresan.


BACA JUGA : Tim-Opsnal-Polres-Inhil-Menangkap-AsTerlibat-Curanmor


2. Menangkal radikal bebas


Radikal bebas merupakan senyawa kimia yang bersifat tidak stabil dan sangat reaksi. Anda bisa terpapar radikal bebas dari makanan yang Anda makan, obat-obatan yang dikonsumsi, aktivitas yang dilakukan sehari-hari, hingga paparan polusi.


Jika radikal bebas dibiarkan menumpuk di dalam tubuh, maka ini akan menjadi masalah. Menurut Harvard School of Public Health, reaksi kimia yang dilakukan oleh radikal bebas di dalam tubuh dapat menyebabkan membran dan jaringan sel rusak, sehingga meningkatkan berbagai risiko penyakit degeneratif. Salah satunya kanker.


Kabar baiknya, kandungan flavonoid pada daun kemangi, yaitu apigenin, dapat digunakan sebagai antiradikal bebas. Menggunakan daun ini secara teratur diketahui dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena neoplasma (pembentukan dan pertumbuhan tumor), serta kanker hati.


Namun, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengonfirmasi manfaat daun kemangi sebagai antitumor dan antikanker.


3. Mencegah DBD


Sering dengan mewabahnya kasus demam berdarah, ada salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penularan infeksi penyakit tersebut.


Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun ini bisa dijadikan sebagai inteksida dalam sediaan obat nyamuk bakar untuk mencegah gigitan nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Kandungan flavonoid, saponin, tanin, dan minyak atsiri dalam daun ini diketahui bersifat racun bagi nyamuk.


Meski efektifivitas inteksida alami dari ekstrak daun ini masih lebih rendah ketimbang produk insektisida pabrikan, potensi manfaat daun kemangi satu ini bisa jadi pertimbangan Anda mengusir serangga secara alami di rumah.


Tetap dibutuhkan penelitian lanjutan untuk memastikan manfaat kemangi yang satu ini.


4. Manfaat lainnya


Selain yang sudah disebutkan di atas, daun ini juga diklaim memiliki manfaat untuk menghilangkan bau mulut dan bau badan, memperlancar pencernaan, meringankan peradangan, hingga menyehatkan kulit.


Akan tetapi, berbagai manfaat daun kemangi tersebut masih belum benar-benar terbukti secara klinis. Jadi, dibutuhkan banyak penelitian lainnya untuk mengonfirmasi berbagai temuan tersebut.(Z68).

Penulis: Zanoer