Kesehatan

Sering Disangka Mag dan Sakit Gigi, Ini Tanda-tanda Serangan Jantung


Sering Disangka Mag dan Sakit Gigi, Ini Tanda-tanda Serangan Jantung

Pesisirnews.com - Serangan jantung merupakan hal yang sangat tidak boleh disepelekan. Setidaknya kita harus tahu apa saja gejala dari serangan jantungseperti apa.

Baca Juga :Bupati Minta OPD Aktif Berkonsultasi dengan TP4D

Dilansir dari detik.com, Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah konsultan kardiologi intervensi RS Pondok Indah menjelaskan bahwa serangan jantung koroner disebabkan karena sebagian otot jantung tidak mendapat suplai darah, akibatnya pembuluh darah tersumbat.

"Yang terjadi tiba-tiba serangan jantung, tiba-tiba kram,nyeri dada. Kalau baru penyempitan saja itu pas olahraga baru 5-10 menit sudah nggak enak dadanya. Kalau sudah tersumbat pembuluh darah akan merasa nyeri dada di sebelah kiri, parah, seperti diremas-remas, keringat dingin, denyut jantung tidak teratur," jelasnya saat ditemui di kawasan Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019).

Baca Juga :Bupati Kampar Bersama Forkopimda Lepas Pendistribusian Logistik Pemilu ke PPK

dr Sari menambahkan, karena lokasi sakit yang tidak hanya di sebelah dada kiri, serangan jantung kerap disangka sakit mag bahkan sakit gigi karena rasa sakit yang menjalar ke bagian tubuh lain.

"Lokasinya disangka sakit mag, nyerinya bisa di dada ulu hati, sering ditafsirkan sebagai penyakit mag. Menjalar ke leher, ke rahang atau bahu, bisa di punggung di antara belikat, lokasinya spesifik," tuturnya.

"Ada yang sakit di rahangnya, perginya ke dokter gigi. Sudah dikasih obat tapi masih sakit, besoknya di EKG tahu-tahu dia sudah kena serangan jantung kemarin, untung kuat," ungkap dr Sari.

Baca Juga :Full, Video Pertemuan UAS dan Prabowo Hingga Menangis Haru

Serangan jantung harus ditangani dengan cepat untuk mengembalikan otot jantung mendapat suplai darah dan menyelamatkannya dari kerusakan dan kecacatan yang akan terjadi.(dan)

Penulis: admin