Nasional

24 dokter Meninggal di Masa Pandemi Covid-19

pesisirnews.com pesisirnews.com
24 dokter Meninggal di Masa Pandemi Covid-19

Foto: Ilustrasi tenaga medis sedang menangani pasien terjangkit Covid-19 (Chinatopix via AP)

Jakarta,PESISIRNEWS.COM - Ikatan Dokter Indonesia melaporkan hingga Minggu (5/4/2020), sudah 24 dokter yang meninggal di masa pandemi Covid-19. Demikian disampaikan Humas PB IDI Halik Malik seperti dilansir detik.com, Senin (6/4/2020).


BACA JUGA :Penahanan-Narso-Dinilai-Cacat-Hukum--Kejari-Rohil-Diprapid-kan


"Setidaknya sudah ada 18 dokter dan enam dokter gigi yang gugur mendahului sejawat dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini," katanya


Halik lantas mengingatkan faktor risiko penderita Covid-19, termasuk tenaga medis, terpapar harus diketahu. Sehingga bisa dilakukan langkah-langkah antisipatif.


BACA JUGA :Satlantas-Polres-Banjar-Gelar-Ops-Keselamatan-Lodaya-2020-imbau-pengguaan-Jalan-Gunakan-Masker


Untuk saat ini, menurut Halik, PB IDI sudah memberikan panduan kepada anggota untuk melaksanakan beberapa prosedur termasuk wajib menggunakan alat pelindung diri (APD) saat melakukan penanganan.


"Sudah ada petunjuk penggunaan APD baik cara memakai atau melepas. Termasuk sistem manajemen limbah medis harus diperhatikan, ada standar yang harus diikuti. Kedua, penyesuaian layanan. Jadi disarankan kepada fasilitas kesehatan untuk lakukan screening terhadap pasien yang datang, jadi ada pemilihan pasienlah," kata Halik.

[ADNOW]

"APD harusnya tersedia di fasilitas kesehatan. Kalau tidak mencukupi, dokter juga dianjurkan mengadakan secara mandiri atau swadaya. Fasilitas kesehatan harus upayakan, baik inisiatif RS, dukungan pemerintah atau donasi dari masyarakat," lanjutnya.(***).

Penulis: Haikal

loading...