• Home
  • Nasional
  • Ini Cara TNI Bikin Kelompok KKB Papua Tak Berkutik
  • Home
  • NASIONAL
  • Ini Cara TNI Bikin Kelompok KKB Papua Tak Berkutik

Ini Cara TNI Bikin Kelompok KKB Papua Tak Berkutik

admin Selasa, 12 Maret 2019 21:52 WIB

Pesisirnews.com -Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah dengan menyerang pasukanTNI di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga,Papua. Tiga orang prajurit TNI dan sembilan orang KKB tewas dalam peristiwa ini.

Baca Juga :2 Kali Prabowo Bilang: Ini Aroma Kemenangan Rakyat

Akibat penyerangan tersebut, TNI tak tinggal diam. Dengan seluruh kekuatan yang ada TNI terus berburu kelompok bersenjata di Papua. Dan memastikan keamanan masyarakat di Papua.

Berikut ini caraTNIbuat KKB diPapuatak berkutik:

1. Kirim 600 Prajurit Amankan Nduga

TNI di Papua. ©Puspen TNI

Sebanyak 600 prajurit TNI dikerahkan untuk mengamankan di Kabupaten Nduga. 600 personel itu dikirim dari Divisi Kostrad III Makassar dan Batalyon Zeni Tempur 8 Makassar.

Komandan Korem 172/Praja Wira Yakti Kol Jonathan Binsar Sianipar mengatakan para prajurit tersebut rencananya akan dikirim secara bertahap ke tempat penugasan di wilayah Kabupaten Nduga mulai Minggu (10/3).

"Di mana pun nanti kalian ditempatkan, semua prosedur itu harus dilaksanakan dengan baik dan benar. Tunjukkan bahwa kalian tentara profesional, bukan preman pasar. Kalian prajurit-prajurit kebanggaan TNI AD, prajurit-prajurit pejuang dan petarung," kata Kol Binsar.

Baca Juga :Korea Utara Gelar Pemilu Hari Ini, Kim Jong-un Tak Ada di Surat Suara

2. TNI akan Memutus Logistik KKB

TNI di Papua. ©Puspen TNI

Kepala Penerangan Kodam VII/Cenderawasih Kolonel Infanteri Muhammad Aidi, mengatakan prajurit-prajurit TNI akan ditempatkan di kampung-kampung yang diduga menjadi basis KKB di Nduga Papua. Dengan adanya pasukan yang tersebar seluruh perkampungan diharapkan dapat memutus jalur logistik.

"Kami berharap bisa memutus jalur dan sumber logistik akan terputus, karena sumber logistik dari kampung," kata Kolonel Aidi.

Sejauh ini TNI telah menempatkan pasukan di sejumlah kampung, termasuk di Distrik Mbua, Digi, Paro Atas, Paro Bawah, dan Mugi.

3. Kerahkan Satgas Gakkum

TNI di Papua. ©Puspen TNI

Untuk mengamankan Kabupaten Nduga pasca kontak senjata antara TNI vs KKB, Kodam XVII/Cenderawasih mengerahkan Satuan Tugas Penegakan Hukum yang berkerja dengan Kepolisian untuk mengejar Kelompok Bersenjata.

"Dilakukan oleh Satgas Gakkum TNI - Polri dan personel pos-pos Satgas Pam Daerah Rawan," kata Wakil Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi.

Baca Juga :Sambut Kedatangan Kepala BPKP Riau, Bupati Inhil Adakan Coffee Morning Di Kediaman Dinas

4. 70 Persen Wilayah Nduga Dikuasai TNI

TNI di Papua. ©Puspen TNI

Menyangkut situasi dan kondisi keamanan di Kabupaten Nduga, sudah sekitar 70 persen wilayah itu dikuasai oleh aparat TNI dan Polri. Meski begitu, katanya lagi, KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) kini sedang konsentrasikan seluruh kekuatan dan persenjataannya di Nduga.

"Saya minta, jangan ada prajurit yang lengah. Ini bukan plesiran atau jalan-jalan ke Papua. Kalian melaksanakan tugas operasi. Saya minta kalian harus berhasil menyelesaikan tugas ini dan tidak boleh satu orang pun yang tertinggal di Tanah Papua ini," kata Komandan Korem 172/Praja Wira Yakti Kol Jonathan Binsar Sianipar.(Merdeka.com/dan).

Loading...
Tags TNInasionalperistiwa

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments