Nasional

Menteri Perhubungan : Masak saya di rumah sempat positif lagi, 15 hari setelah di rumah


Menteri Perhubungan : Masak saya di rumah sempat positif lagi, 15 hari setelah di rumah
Photo : Istimewa.
loading...
Pesisirnews.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menepis klaim sejumlah pihak tentang pasien positif virus corona covid-19 yang sudah sembuh, bakal memunyai imunitas sehingga kebal terhadap wabah itu.


BACA JUGA :Pengendara-Motor-Berbocengan-Memberikan-Paket-Bantuan-Sembako-Isinya-Jasad-Bayi-Yang-Sudah-Membusuk


Dalam diskusi daring Tempo, Sabtu (16/5/2020), Budi Karya mengungkapkan dirinya sempat kembali dinyatakan positif terinfeksi covid-19, setelah sebelumnya dinyatakan sembuh.


BACA JUGA :Waduh---Deny-Cagur-Bikin-Ulah-Dengan-Mobil-Mewah-Rolls-Royce-Raffi-Ahmad-


Awalnya, kata dia, dokter telah menyatakan dirinya sembuh dari infeksi virus corona melalui dua kali pemeriksaan. Akhirnya, dia dibolehkan pulang ke rumah.


Namun, ketika sudah berada di rumah menjalani karantina mandiri, Budi Karya sempat dinyatakan kembali terinfeksi corona. "Masak saya di rumah sempat positif lagi, 15 hari setelah di rumah. Setelah itu dites lagi, dua kali, negatif," ujar Menhub Budi Karya.


BACA JUGA :Bertengkar-Dengan-Istri-Seorang-Pria-37-tahun-Mencoba-Mengakhiri-Hidup-Dengan-Gantung-Diri


Setelah pasien positif corona sembuh, tidak ada jaminan aman. Karena itulah, Budi berharap pasien yang sudah sembuh tetap menerapkan pola hidup sehat serta rajin mencuci tangan pakai sabun.


"Setelah sembuh memang harus pakai masker, taat cuci tangan di dalam rumah itu harus, saya yang sudah sembuh harus berhati-hati," imbuhnya.


Sebelumnya, Menhub Budi sempat 14 hari tidak sadarkan diri dan menggunakan alat bantu pernapasan ventilator karena terinfeksi covid-19.

Pada hari ke-18, ventilator di lepas. Lima hari setelah alat bantu pernafasan dilepas, Menhub Budi dinyatakan sembuh dari infeksi covid-19.


"Setelah itu dipersilakan pulang, sudah melewati masa kritis, lewat 4 sampai 5 hari dinyatakan negatif, saya dinyatakan boleh pulang," kata Budi Karya.


Terkait dengan ini, Juru Bicara kementerian Perhubungan Adita Irawati secara terpisah mengatakan, saat ini Menhub Budi Karya Sumadi dalam kondisi sehat dan telah aktif kembali sebagai Menteri Perhubungan sejak 27 April 2020.


Pihak RSPAD yang merawat Menhub juga telah menegaskan bahwa hasil dua tes PCR terakhir juga membuktikan Menhub telah bebas Covid-19.


Menhub Budi Karya Sumadi dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 14 Maret 2020 dan menjalani perawatan di RSPAD. Saat dirawat di RSPAD Menhub menjalani tes PCR pertama dan hasilnya dinyatakan negative.


BACA JUGA :Anaknya-Dirapid-Test-Hasilnya-Positif-Disarankan-Isolasi-Mandiri--Bapaknya-Diduga-Depresi-Gantung-Diri


Namun 15 hari kemudian Menhub dinyatakan positif setelah menjalankan tes kedua. Sesuai dengan protocol kesehatan Covid-19, pasien dinyatakan bebas Covid-19 jika dua kali tes PCR hasilnya berturut-turut negative.


"Menhub dinyatakan positif kembali, dimana saat itu masih dalam perawatan dokter RSPAD. Pada tanggal 27 April 2020 Menhub Budi Karya dinyatakan sembuh oleh dokter Budi Sulistya, Sp THT, Wakil Kepala RSPAD," jelas Adita Irawati.


Sumber : Suara.com

Penulis: Admin