Peristiwa

Riau 5 Hari Terakhir Karhutlah Meluas, Dumai dan Bengkalis Berstatus Siaga Darurat Bencana

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Riau 5 Hari Terakhir Karhutlah Meluas, Dumai dan Bengkalis Berstatus Siaga Darurat Bencana

Petugas gabungan melakukan pemadaman karhutla. (Foto:Kompas.com)

PEKANBARU-Kebakaran lahan di sejumlah wilayah Riau semakin meluas. Lima hari terakhir di bulan Februari 2019, tercatat 497,71 hektare lahan hangus terbakar.


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mencatat, wilayah yang paling parah terkena dampak kebakaran adalah Kabupaten Bengkalis. "Kebakaran terluas terjadi di Kabupaten Bengkalis dengan total 322 hektare," kata Kepala BPBD Riau Edwar Sanger, Jumat (15/2/2019).


BACA NUGA :Jokowi-Sindir-Kepemilikan-Lahan-Prabowo-saat-Debat--Fadli-Zon--Seharusnya-Jadi-Kebanggan-Nasional


Sebelumnya, BPBD Riau mencatat di awal pekan total luas kebakaran di Bengkalis adalah 267 hektare. Salah satu wilayah yang terparah adalah kebakaran di Pulau Rupat, Bengkalis dengan luas mencapai 200 hektare lahan.


BACA JUGA :TNI-AD-Rekrut-15-000-Pemuda-dan-Pemudi-untuk-Menjadi-Tentara


Hingga berita ini diturunkan, petugas dan warga masih berupaya memadamkan api di pulau tersebut. "Untuk Bengkalis dan Dumai, upaya pemadaman masih terus berlangsung hingga hari ini," kata Edwar.


BACA JUGA :DJ-Ini-Lakukan-Implan-di-Kaki-Agar-Tinggi--Begini-Kondisinya-Saat-Ini


Berdasarkan data sementara BPBD Riau, kebakaran lahan terjadi di sejumlah wilayah, yaitu Bengkalis, Dumai, Meranti dan Rokan Hilir. Menurut Edwar, kebakaran tersebut dipicu oleh cuaca kering yang melanda daerah pesisir Riau.


Akibat kebakaran tersebut, kabut asap mulai melanda sejumlah wilayah di Riau, khususnya di Kota Dumai yang dilaporkan paling parah. Sementara itu, Pemko Dumai dan Pemkab Bengkalis sudah menetapkan status darurat bencana karhutla. Ini dilakukan setelah meluasnya karhutla di daerah tersebut. (zn/fokusriau)

Penulis: Zanoer