• Home
  • Peristiwa
  • Warga Terdampak Banjir di Kec. Gunung Sahilan Dibantu Personel Polres Kampar dan

Warga Terdampak Banjir di Kec. Gunung Sahilan Dibantu Personel Polres Kampar dan Polair Polda Riau

Haikal Kamis, 12 Desember 2019 15:15 WIB

KAMPAR -Pesisir News.ComKamis (12/12/2019), Tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Kampar beberapa hari terakhir telah mengakibatkan banjir dibeberapa desa di wilayah Kecamatan Gunung Sahilan, terpantau dua desa yang terdampak banjir ini yaitu Desa Gunung Sahilan dan Sahilan Darussalam.

BACA JUGA :Ini-Modus-Pencurian-Sepeda-Motor-Curanmor--Di-Tembilahan

Banjir hampir setiap tahun melanda daerah ini yang biasa terjadi pada puncak musim penghujan antara bulan Desember hingga Januari, saat ini ada sekitar 200 lebih rumah yang terkena genangan banjir ini.

BACA JUGA :Tanamkan-Hidup-Sehat-Sejak-Dini--Satgas-Pamtas-RI-RDTL-Yonif-132-BS--Ajarkan-Cuci-Tangan-Dengan-Sabun-dan-Sikat-Gigi-Kepada-Anak-Anak-Perbatasan--

Pada 2 desa ini tidak semua wilayah terendam banjir karena sebagiannya berada di daerah ketinggian, dan dijadikan sebagai tempat pengungsian bagi warga yang juga merupakan rumah-rumah kerabat mereka.

Meski begitu setiap bencana alam khususnya banjir, pasti ada potensi-potensi kerawanan yang akan timbul sebagai dampaknya, atas pertimbangan itulah Aparat Kepolisian bersama Pemerintah Daerah harus hadir untuk membantu dan memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Terkait hal ini Jajaran Polda Riau termasuk Polres Kampar beberapa waktu lalu telah mempersiapkan personel dan peralatan untuk diturunkan ke lokasi banjir yang terjadi.

Sejak Rabu kemarin (11/12), Polres Kampar telah menurunkan 5 personel Sabhara yang memiliki kemampuan SAR terbatas ke Wilayah Desa Gunung Sahilan ini, mereka juga membawa Kendaraan Taktis Rescue yang memiliki beberapa peralatan yang dibutuhkan dilokasi bencana, serta perahu karet dan peralatan pendukung lainnya.

Dari Polda Riau juga mengirim 4 personil Polair beserta Peralatan Perahu Karet, mereka bergabung dengan personel Polres Kampar serta sejumlah anggota Polsek Kampar Kiri yang juga diturunkan ke lokasi untuk membantu masyarakat dan mengamankan daerah yang terkena banjir ini.

Para personel Kepolisian ini melakukan patroli air di perkampungan yang terkena banjir, untuk memastikan tidak ada warga yang terjebak dan mereka siap melakukan pertolongan dan evakuasi bila dibutuhkan.

Dari Jajaran Pemerintah Daerah kabupaten Kampar juga telah menurunkan personel BPBD beserta peralatan pendukungnya, terpantau mereka membuka dapur umum di Desa Gunung Sahilan ini untuk membantu konsumsi warga yang terdampak banjir.

Siang kemarin Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto juga meninjau lokasi banjir di Kecamatan Gunung Sahilan ini, beliau juga menyerahkan sejumlah bantuan bagi korban banjir.

Pada sore harinya Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid SIK didampingi Kapolsek Kampar Kiri Kompol Yulisman S.Sos, MSi juga turun ke lokasi, untuk meninjau secara langsung dan memberikan arahan kepada personel yang bertugas.

Kapolres juga berkoordinasi dengan Kapolsek tentang penugasan personel di daerah yang terdampak banjir ini, agar kehadiran anggota Kepolisian ini benar-benar dirasakan manfaatnya bagi masyarakat khususnya di wilayah yang terkena musibah banjir ini.

Dari hasil pantauan dilapangan serta informasi dari Kapolsek Kampar Kiri, bahwa situasi di daerah ini cukup aman dan hingga saat ini belum ada korban jiwa yang terjadi.

Loading...

Fasilitas umum seperti Masjid dan Sekolah juga masih aman jelasnya, para pelajar terpantau masih mengikuti proses belajar dan tidak diliburkan, ungkapnya.rls.(wan)

Loading...
Tags Pemkab InhilTimnas Indonesiapolitikpolitikpolitikwanita

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments