Politik

JK : Program Kartu Pra Kerja Jokowi Tak Mungkin Dimulai 2019, Ini Alasannya..


JK : Program Kartu Pra Kerja Jokowi Tak Mungkin Dimulai 2019, Ini Alasannya..

Pesisirnews.com - Capres Joko Widodo (Jokowi) mempersiapkan kartu pra pekerja untuk memfasilitasi pekerja mendapatkan pekerjaan.Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)mengatakan butuh anggaran besar untuk menyediakan kartu itu.

Baca Juga : Cemburu! Wanita Cantik Ini Diludahi, Ditonjok dan Diinjak-injak Pacar, Motor Dibawa Kabur


"Itu butuh anggaran yang besar dan kalau sudah ada anggarannya baru kita bisa bicara. Kalau belum ada anggarannya, tentu belum bisa dilaksanakan," kata JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2019) seperti dilansir dari detik.com.


JK mengaku belum mengetahui informasi mengenai kartu tersebut. Dia menegaskan program tersebut tidak mungkin dimulai pada tahun anggaran 2019.


"Ya nanti kalau ada pembahasan anggaran tahun 2020 baru kita tahu. Yang jelas tahun ini belum bisa, anggaran 2019 tidak ada," sebutnya.


JK mengatakan kebijakan serupa banyak dilakukan di negara-negara maju. Namun dia menilai kebijakan itu jika diterapkan di Indonesia harus dilihat lagi ketersediaan anggarannya.


"Ada banyak negara seperti itu, seperti di Amerika, Kanada, Australia, ada tunjangan buat menganggur. Tapi itu biasanya terjadi kalau negara itu maju tapi penduduknya tidak banyak. Kalau negara seperti Indonesia, anggaran tidak terlalu besar dan penduduk banyak. Tentu harus dihitung, kalau ada anggarannya silakan," jelasnya.

Baca Juga :Jokowi Turun Tangan, Kaesang dan Gibran, "Berantem"


Sebelumnya, Jokowi pamer program baru di pidato Konvensi Rakyat Optimis Indonesia Maju. Ada dua kartu baru yang dipamerkan Jokowi.


Sebelum mengenalkan dua kartu baru itu, Jokowi bicara soal manfaat Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).


"Tetapi, semua hal tersebut tidaklah cukup. Saya ingin melakukan lebih banyak lagi untuk kesejahteraan rakyat," kata Jokowi di Sentul International Convention Center, Bogor, Minggu (24/2/).

Baca Juga :Cawapres Sandiaga Solehuddin Uno Berzirah ke Makam Sultan Syarif Kasim II,Kepemimpinan Sang Sultan Sangat Menginspirasi


Jokowi mengenalkan satu kartu lainnya, yaitu Kartu Pra-Kerja. Kartu Pra-Kerja ini dijanjikan berfungsi memfasilitasi pelatihan kerja bagi para pencari kerja.(ps/dan).

Penulis: admin