Daerah

Targetkan 39 Persen Penduduk Yang Sibuk Di Sensus Penduduk 2020 Secara Online

pesisirnews.com pesisirnews.com
Targetkan 39 Persen Penduduk Yang Sibuk Di Sensus Penduduk 2020 Secara Online

BANJAR. Di tahun 2020 ini Badan Pusat Statistik (BPS) kembali lakukan Sensus Penduduk atau SP2020. Pelaksanaan Sensus Penduduk dilakukan dengan dua cara yaitu secara daring atau online dan door to door offline, dengan petugas mendatangi ke rumah warga.


BACA JUGA :Tiga-Pelaku-Jambret-Berhasil-ditangkap-di-Dua-Lokasi-Berbeda


Kasie Integrasi dan Pengolahan Diseminasi Statistik pada Kantor Badan Pusat Statistik( BPS ) Kota Banjar Ahmad Taufik Habibie menjelaskan kepada awak media di Kantor BPS beberapa waktu lalu , sensus secara daring bisa dilakukan hingga 31 Maret mendatang, dengan melakukan pengisian data diri dan keluarga secara mandiri melalui laman sensus.bps.go.id.


BACA JUGA :22-Club-Ikuti-Tournamen-Bola-Volly-Simpati-Cup-VI-Berjaya


" Untuk Sensus Penduduk yang dilaksanakan secara online dimulai tanggal 15 Februari 2020 kemarin, dan berakhir sampai 31 Maret 2020, menyasar mereka yang sibuk, susah ditemui atau lebih nyaman mengisi sendiri, " ujar Taufik.


Taufik juga ingatkan warga khususnya Kota Banjar, sebelum melakukan SP online supaya menyiapkan dokumen - dokumen pribadi seperti Kartu Keluarga, KTP, Buku Nikah, atau Dokumen Cerai, sebelum masuk laman sensus BPS.



Taufik menambahkan , " sensus daring untuk memudahkan warga yang bisa akses internet, sementara yang secara offline, akan ada petugas yang mendatangi pada Juli 2020 mendatang, " jelas Taufik.


Untuk Kota Banjar sendiri ditargetkan 39% dari jumlah penduduk, dikarenakan wilayah Kota Banjar yang relatif kecil.

Sementara jumlah penduduk Kota Banjar yang tercatat di Disdukcapil secara registrasi sebanyak 204.000 jiwa.

Sedangkan real proyeksi BPS, atau yang benar - benar tinggal di Kota Banjar ( the Facto ) sebanyak 183.000 jiwa.

Dengan adanya Sensus Penduduk ini, perbedaan sekitar 20.000 penduduk bisa terjawab.

[ADNOW]

Tentunya dengan adanya Sensus Penduduk ini, diharapkan masyarakat juga bisa benar - benar menggunakan kesempatan ini untuk melengkapi data kependudukan, dengan memberikan data terkini atau terbaru.

Dan masyarakat sadar dengan arti penting dari pendataan Sensus Penduduk.( Lies - Nir )

Penulis: Haikal

loading...