Nasional

Komnas HAM Panggil BIN, Bais dan BNPT, Ada Apa?


Komnas HAM Panggil BIN, Bais dan BNPT, Ada Apa?

Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Choirul Anam mengatakan surat pemanggilan diberikan ke BKN, BIN dan Bais terkait polemik TWK. (Foto: Humas Komnas HAM)

JAKARTA, Pesisirnews.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah melayangkan surat panggilan Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Intelijen Strategis (Bais) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Ketiga instansi tersebut dipanggil guna pendalaman mengenai polemik Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang dilakukan oleh para pegawai KPK.

"Kami sudah melayangkan surat panggilan juga untuk Bais, untuk BIN, dan untuk pendalaman BNPT," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam, dikutip dari iNews.id Rabu (23/6/2021).

Anam hanya menegaskan kehadiran ketiga instansi tersebut mempunyai nilIai penting membongkar polemik yang terjadi.

“Jadi kami mohon kepada semua pihak untuk datang ke Komnas HAM agar semakin terang informasinya, semakin terang peristiwanya, dan semakin jelas duduk soalnya. Dan ini ditunggu oleh publik luas, sehingga memang ke depannya akan mudah menentukan ini arahnya mau ke mana rekomendasi dan sebagainya,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Anam juga mengatakan, pihaknya akan memanggil para ahli. Ahli-ahli tersebut dilihat dari kapasitasnya yang mengerti hukum dan mengerti psikologi.

"Yang kedua, minggu depan juga kami akan agendakan dengan ahli. Jadi seperti yang kemarin kami bilang, ada backround ahli yang sekarang dinegosiasikan waktunya. Detail soal hukum, detail soal psikologi, dan soal nilai-nilai kebangsaan dan lain sebagainya,” tuturnya.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar