Artikel

Sejarah Mengapa Helikopter Angkatan Darat AS Diberi Nama-Nama Penduduk Asli Amerika


Sejarah Mengapa Helikopter Angkatan Darat AS Diberi Nama-Nama Penduduk Asli Amerika

Jenderal Angkatan Darat Hamilton Howze berbicara dengan Mayjen Bogardus Snowden "Bugs" Cairns, di Army Airfield pada 1950-an. (Kredit Foto via army.mil) 

“Penamaan helikopter-helikopter AS menggunakan nama penduduk asli Amerika megandung makna semangat, kepercayaan diri, kelincahan, daya tahan, dan etos prajurit yang dibangkitkan oleh nama-nama mereka itu”.

Pesisirnews.com - Bagi penggemar informasi seputar peralatan militer mungkin sudah tidak asing mendengar nama-nama helikopter Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) seperti Apache, Black Hawk, Chinook, dan lainnya.

Nama-nama pesawat penting ini seperti ada pola dalam penamaannya karena semuanya dipilih menurut nama suku atau penduduk asli Amerika.

Tapi pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa?

Dilansir dari army.mil, Senin (8/11/2021), militer AS memiliki sejarah panjang dengan penduduk asli Amerika. Konflik bersenjata antara keduanya umumnya sebagai Perang Indian Amerika dan terjadi sejak orang Eropa tiba di AS pertama kali hingga berakhir pada awal abad ke-20.

Namun penduduk asli Amerika juga berperan sebagai pejuang paling menarik bagi Amerika Serikat selama lebih dari 200 tahun. 32 suku asli Amerika telah mendapatkan penghargaan militer tertinggi negara, Medal of Honor.

Helikopter Apache AH-64 dengan Skuadron ke-6, Resimen Kavaleri ke-17, Brigade Penerbangan Tempur ke-4, menembakkan roket Hydra 70 dalam sebuah latihan tempur. (Staf Sersan Kris Bonet)

Tradisi penamaan helikopter dengan nama penduduk asli Amerika pernah menjadi peraturan resmi meski kemudian regulasi ini tidak diberlakukan lagi, namun tradisi ini masih terus berlanjut.

Helikopter Angkatan Darat AS yang memiliki nama-nama penduduk asli Amerika ini mungkin segera Anda kenali:

• Helikopter Serang Apache AH-64D/E

• Utilitas Helikopter Black Hawk UH/HH-60

• Helikopter Serang Cheyenne AH-56

• Helikopter Comanche RAH-66

• Helikopter Utilitas Ringan (LUH) Lakota UH-72A

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar