Daerah

Drs H Amiruddin : Pramuka tak pernah melakukan aksi demo, itu salah satu bukti Pramuka memiliki disiplin tinggi


 Drs H Amiruddin : Pramuka tak pernah melakukan aksi demo, itu salah satu bukti Pramuka memiliki disiplin tinggi
dika
PESISIRNEWS.COM, DUMAI - Gugus Depan (Gudep) 02033-02034 SMA Negeri Binaan Khusus (Binsus) Purnama Kecamatan Dumai Barat gelar Kursus Mahir Dasar (KMD) Gerakan Pramuka. Kegiatan yang dilaksanakan selama tujuh (7) hari atau  83 jam belajar itu, diikuti 41 peserta.

Dalam kegiatan KMD tersebut, peserta akan dilatih dan dididik untuk dapat menjadi seorang Pembina Gerakan Pramuka yang kreatif, berdisiplin dan bertanggungjawab. Selain itu, kegiatan tersebut diselenggarakan untuk membekali pembina gerakan Pramuka berbakat dan berprestasi dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berkarakter.

“ Pramuka tak pernah melakukan aksi demo, itu salah satu bukti nyata bahwa pramuka memiliki disiplin yang tinggi,” tegas Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Dumai Drs H Amiruddin dalam pembukaan KMD Mandiri di SMAN Binsus Purnama Senin (14/12) kemarin.

Menurut Amiruddin, KMD bertujuan untuk mencetak kader pembina Pramuka yang berkualitas. Dengan dilaksanakannya KMD diharapkan jumlah  Pembina Pramuka di Kota Dumai semakin  bertambah dan  pembinaan peserta didik yang berkualitas dapat dicapai.

Kegiatan KMD dilaksanakan untuk melatih pembina Pramuka agar lebih trampil dalam membina gerakan Pramuka di gugus depannya masing-masing. Selain itu kegiatan tersebut diselenggarakan untuk membekali pembina gerakan Pramuka berbakat dan berprestasi dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berkarakter.

“ Kegiatan seperti ini sudah merupakan angkatan ke enam (6) di Dumai. Saya secara pribadi dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Dumai  mengucapkan terimakasih kepada SMA Binsus ini yang telah menyelenggarakan KMD Mandiri,” ujar Amiruddin.

Mengingat gerakan Pramuka sudah menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah, maka pihaknya berharap agar siswa di Dumai memakai seragam Pramuka minimal sekali dalam seminggu.

“ Nanti akan kita usulkan kepada Walikota Dumai agar tahun 2016 siswa di Dumai memakai seragam pramuka minimal sekali dalam seminggu,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Dumai diwalikili Kabid Pendidikan Dasar Disdik Dumai Bujang Alwi Syahputra, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Indonesia yang telah menetapkan dalam Kurikulum 2013, pendidikan kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib.

“ Selain kepada pemerintah Indonesia, saya mewakili Dinas Pendidikan Kota Dumai mengucapkan terimakasih kepada SMA Negeri Binsus yang telah bersedia menyelenggarakan KMD Mandiri ini. Diharapkan para peserta mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya,”  pesannya.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMA N Binsus Dumai Drs Yulizar menambahkan, bahwa Gerakan Pramuka sangat penting untuk pembentukan karakter anak menjadi insane yang dapat memberi keteladanan.

“ Saya berharap semua kita yang ada disini termauk peserta Latihan KMD untuk melakukan yang terbaik,” pintanya.

Ketua Panitia KMD SMA N Binsus Dumai Drs Edy Prayitno melaporkan, bahwa kegiatan KMD Gudep 02033-02034 tersebut dilaksanakan selama tujuh hari, dimulai Senin  (14/12)  dan berakhir Selasa (22/12), diikuti 41 peserta.

“ Kegiatan ini bertujuan untuk membina karakter peserta didik  melalui gerakan pramuka,” ungkapnya, sembari menambahkan bahwa KMD Gudep 02033-02034 SMAN Binsus dilaksanakan sesuai SK No 22 tahun 2014 yang ditandatangani Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Dumai Drs H Amiruddin MM sementara anggaran berasal dari Dana BOS.

Pembukaan KMD tersebut ditandai dengan penyerahan Tunggul Pelatihan KMD kepada Pelatih KMD SMAN Binsus Sudibio SA, Selanjutnya menyematkan tanda peserta kepada seluruh peserta latihan KMD Gerakan Pramuka SMAN Binsus Dumai yang dilakukan oleh KetuaKwarcab Gerakan Pramuka Dumai Amiruddin. (CP)
Penulis: