Daerah

AKBP Dasmin Ginting, SIK, Dalam Giat Forum Silaturrahmi Polres Rokan Hulu

pesisirnews.com pesisirnews.com
AKBP Dasmin Ginting, SIK, Dalam Giat Forum Silaturrahmi Polres Rokan Hulu
Pesisirnews.Padirpangaraian- Kegiatan Forum Silaturrahmi Polres Rokan Hulu bersama Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat dalam rangka menciptakan Harkamtibmas dan kondusif, digelar di Hall Masjid Agung Islamic Center Rohul, Jumat (27/12/2019), sekitar pukul 08.30 Wib.


BACA JUGA :Forum-Paud-Kampar-Stuban-ke-Paud-Berprestasi-Tingkat-Nasional


Kegiatan tersebut, dihadiri, sekitar ratusan peserta, termasuk Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting, SIK, Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Rohul, H Tengku Rafli Armen bergelar Tengku Majo Lelo, Kasat Binmas Polres Rohul AKP Hermawan.


Kemudian, Sekretaris Umum LAMR Rohul, D H Muhammad Azhari, SE, Ketua Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Luhak dan Kecamatan se Rohul, Kemudian para Datuk Adat se Rohul, Hulubalang Rohul, Insan pers dan lainnya.


BACA JUGA :quot-32-Tahun-FKMTSI-untuk-Indonesia-quot-


Pada kesempatan itu, Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting, SIK, mengucapkan terima kasih kepada pemuka masyarakat serta para datuk-datuk yang ikut dalam kegiatan ini, sebab untuk ketertiban dan keamanan itu di tengah-tengah masyarakat, perlu dukungan dari semua elemen.


"Tanpa dukungan dari masyarakat itu sendiri, Polri tidak bisa bekerja sendiri, makanya dibutuhkan kerjasama yang baik antara Polri dengan semua unsur masyarakat untuk mewujudkan kamtibmas itu, " urainya.


Masih Kapolres Rohul, menjelaskan dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang, dia mengajak supaya bisa bersama mewujudkan Rohul yang aman dan kondusif.


"Dalam pilkada nanti, silahkan tentukan pilihan sendiri yang penting bisa saling menjaga, jangan terpengaruh pada informasi hoax, sehingga kertetiban dan keamanan di tengah-tengah masyarskat bisa tercapai," ujarnya.


Tidak itu saja, AKBP Dasmin Ginting, SIK, menyinggung pencegahan Narkoba dan Penyakit Masyarakat (Pekat), perlunya peran serta masyarakat.


"Masyarakat jika menemukan ada yang mengkonsumsi narkoba, boleh diamakan, kemudian melaporkan kepada pihak berwajib, yakni kepolisian," sambungnya.



"Agar generasi muda, tidak terjerumus kepada tindakan narkoba, maupun minum miras seperti tuak dan lainnya, " ujarnya.


Disampaikannya, permasalahan dalam masyarakat yang berhubungan dengan narkoba mari bersama bekerja untuk memerangi narkoba itu, karena narkoba adalah barang yang bisa merusak dan melumpuhkan saraf pemakainya


"Jadi seandainya pemakai atau pembawa narkoba tertangkap tangan boleh siapa saja lembaga adat atau masyarakat, boleh berperan aktif mengamankan diduga pelaku dengan alasan harus ada barang bukti sesuai tindakannya harus konkrit, " kata AKBP Dasmin Ginting.


Dia menghimbau kepada seluruh masyarakat Rohul terkhusus apapun profesinya. "Mari kita bersama-sama dalam berbuat kebaikan sekecil apapun itu untuk siapa pun kelompok manapun berbuat sajalah yang terbaik semampu kita kapan saja dimana saja supaya kita semua berkontribusi kebaikan mudah-mudahan baiklah hasilnya," pungkasnya.



Untuk mengatasi persoalan di masyarakat, Kapolres mengharapkan pemanfaatan kearifan lokal. "Jika ada persoalan di tengah-tengah masyarakat, kalau masih bisa diselasikan di masyarakat, mestinya diselesaikan saja, jangan sampai sedikit-sedikit melapor," tuturnya.



Masih di tempat yang sama, Ketua Umum MKA LAMR Rohul, H Tengku Rafli Armen bergelar Tengku Majo Lelo, beterimakasih dan memberi apresiasi kepada Polres Rohul yang menggelar forum silaturrahmi, tentu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.


"Kegiatan Forum Silaturrahmi ini, baru pertama kali diadakan diskusi berbentuk silaturrahmi, di Kabupaten Rokan Hulu. Kita ada sekitar 850 datuk-datuk adat kita di Rohul, mudahan-mudahan kedepan bisa mengadakan kegiatan serupa, " tuturnya.


"Sehingga kedepan dalam kegiatannya, tidak hanya mengahadirkan pihak kepolisian, tapi Bupati, TNI, Kejaksaan dan lainnya," tambahnya.


Di tempat berbeda, Kasat Binmas Polres Rohul AKP Hermawan, menyampaikan dalam forum silaturrahmi bisa mengaktualkan peran Tokoh Masyarakat itu, sehingga kedepan betul-betul menjalankan tugasnya sebagai tokoh di masyarakat dalam memberantas narkoba, termasuk pekat itu sendiri.

[ADNOW]

"Dengan giat silaturahmi ini, berterima kasih kepada tokoh adat dan agama, mari jalankan peran sebagai yang dituakan di masyarakat, karena itu tugas kita untuk membimbing anak-kemanakan kita, termasuk terhindar narkoba dan pekat," tutur AKP Hermawan yang juga Mantan Kapolsek Rambah.


"Intinya kami dari Satuan Binmas Polres Rohul, terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat Rohul, mari sama-sama saling menjaga, demi terciptanya rasa aman dan kondusif, " pangkas.

[MGID]

Terlihat kegiatan Forum Silaturrahmi Polres Rokan Hulu, di akhiri dengan sesi tanya-jawab secara interaktif, kemudian dilanjutkan poto bersama, sedangkan doa dipimpin Khalifah Daut.(acce)

Penulis: Haikal